Bisnis
·
22 Juli 2021 15:54
·
waktu baca 3 menit

7 Ide Usaha Sampingan di Rumah untuk Mahasiswa

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
7 Ide Usaha Sampingan di Rumah untuk Mahasiswa (31253)
searchPerbesar
ilustrasi susaha sampingan di rumah untuk mahasiswa, umber gambar: https://www.unsplash.com/
Mahasiswa merupakan golongan pelajar yang umumnya sering dipusingkan dengan masalah keuangan. Seperti yang kita tahu, mahasiswa membutuhkan banyak uang, entah untuk biaya tugas, UKT, organisasi hingga biaya untuk nongkrong atau jalan-jalan. Jika ingin mandiri dan menghasilkan uang tambahan sendiri, maka lakukan ide usaha sampingan di rumah Anda.
ADVERTISEMENT
Jika Anda mahasiswa perantauan, maka usaha sampingan juga dapat dilakukan di kos atau asrama. Namun, pastikan Anda meminta izin kepada ibu kos terlebih dahulu sebelum mulai berbisnis sampingan.

Usaha Sampingan di Rumah

Berikut adalah usaha sampingan di rumah yang cocok dikerjakan oleh mahasiswa:
1. Jasa Ketik Tugas
Tugas mahasiswa memang tidak pernah ada habisnya. Oleh karena itu, jasa ketik tugas dapat dijadikan sebagai peluang usaha bagi mahasiswa. Penghasilan yang Anda dapatkan tentunya sesuai dengan banyaknya job yang Anda kerjakan.
2. Guru Les Privat
Sebagai kaum terpelajar, Anda dapat mengajar les privat sebagai salah satu bentuk penyaluran ilmu. Selain dapat menyalurkan wawasan dan pengetahuan kepada anak-anak, Anda juga bisa mengasah skill untuk berbicara di hadapan orang lain. Apalagi, gaji guru les privat di masa sekarang sangat menggiurkan, sehingga Anda dapat menjadikan bisnis ini untuk mendulang rupiah.
ADVERTISEMENT
3. Jasa Tulis Artikel
7 Ide Usaha Sampingan di Rumah untuk Mahasiswa (31254)
searchPerbesar
ilustrasi susaha sampingan di rumah untuk mahasiswa, umber gambar: https://www.freepik.com/
Jika Anda memiliki minat dan bakat untuk menjadi penulis, maka bukalah jasa tulis artikel secara online. Perlu di ketahui bahwa di masa sekarang, banyak orang berbisnis dengan memanfaatkan website, sehingga mereka membutuhkan jasa penulis artikel untuk mengisi website-nya. Anda bisa mulai menentukan harga per artikel dan melakukan promosi di media sosial.
Dikutip dari buku Profesional dan Mapan Lewat Bisnis Recehan oleh John Afifi (2020: 117), seorang penulis harus memiliki ketrampilan menulis dan semangat yang tinggi untuk belajar. Menjadi penulis juga membuka jalan bagi Anda untuk menginspirasi dan mengedukasi banyak orang.
4. Youtuber
Saat ini, ada banyak anak muda yang tertarik untuk menjadi youtuber. Hal ini karena menjadi youtuber sangat menggiurkan karena digaji dengan dollar. Namun, perlu diketahui bahwa memulai usaha ini tidaklah mudah. Diperlukan kesabaran dan ketekunan untuk dapat menghasilkan konten yang berkualitas dan layak ditonton, sehingga viewers dapat selalu meningkat.
ADVERTISEMENT
5. Jasa Titip (jastip)
Jika Anda kuliah di kota yang kaya akan tempat pariwisata, maka membuka jastip dapat dijadikan pilihan yang kreatif untuk Anda. Anda dapat membuka usaha jastip berupa souvenir, baju, asesoris, makanan khas daerah dan lain-lain kepada teman-teman di kampung halaman.
Sebaliknya, jika rumah Anda termasuk daerah wisata yang menjual berbagai oleh-oleh, maka Anda bisa menawarkan ide bisnis ini kepada teman-teman kuliah Anda. Sangat menarik, bukan?
6. Buka Jasa Desain
7 Ide Usaha Sampingan di Rumah untuk Mahasiswa (31255)
searchPerbesar
ilustrasi susaha sampingan di rumah untuk mahasiswa, umber gambar: https://www.unsplash.com/
Saat ini, dunia desain semakin mengalami perkembangan dan spesialisasi. Ada desainer pakaian, desainer sampul buku, desainer logo, desainer karakter animasi dan masih banyak lagi. Jika Anda memilki bakat dibidang visual ini, maka tidak ada salahnya untuk mencobanya. Siapa tahu setelah lulus, Anda dapat menjadi desainer yang hebat dan berpengalaman.
ADVERTISEMENT
7. Jualan Makanan
Tidak ada salahnya jika mahasiswa berjualan makanan untuk mendapat penghasilan tambahan. Ada banyak jenis makanan yang dapat dijadikan pilihan usaha, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Tidak perlu memikirkan modal yang banyak karena Anda dapat memulai usaha ini dengan budget seadanya. Berbisnis makanan di sekitar kampus tentu dapat menjadi pilihan yang menggiurkan dalam menghasilkan keuntungan.
Itulah tujuh ide usaha sampingan di rumah untuk mahasiswa. Meskipun Anda dapat menjalankan ide usaha untuk menambah pemasukan, jangan sampai hal tersebut menganggu konsentrasi Anda dalam menjalankan kuliah. (DLA)