News
·
3 Juni 2021 16:41
·
waktu baca 1 menit

Arti Ayat Kursi dalam Surat Al Baqarah dan Keutamaan Mengamalkannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Arti Ayat Kursi dalam Surat Al Baqarah dan Keutamaan Mengamalkannya (23188)
searchPerbesar
Ilustrasi Al Quran. Sumber: freepik.com
Arti ayat kursi yang terdapat dalam surat Al Baqarah menceritakan tentang keagungan Allah SWT selaku pencipta alam dengan segala isinya. Namun sayangnya, belum banyak orang yang memahami makna dari ayat kursi dan apa saja keutamaannya yang terkandung di dalamnya.
ADVERTISEMENT

Arti Ayat Kursi dalam Surat Al Baqarah

Berikut adalah arti ayat kursi yang perlu dipahami oleh setiap muslim.
اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ
Artinya, “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”
ADVERTISEMENT

Keutamaan Mengamalkan Ayat Kursi

Arti Ayat Kursi dalam Surat Al Baqarah dan Keutamaan Mengamalkannya (23189)
searchPerbesar
Ilustrasi membaca ayat kursi. Sumber: freepik.com
Menurut buku Ayat Kursi dan Ayat Cahaya di Atas Cahaya karya Imam Ibnu Katsir dan Jalalain (2016), berikut adalah beberapa keutamaan mengamalkan ayat kursi.
1. Pemimpin Ayat Al Quran
“Segala sesuatu itu mempunyai puncaknya dan puncak Alquran ialah surat Al Baqarah, di dalamnya terdapat sebuah ayat pemimpin semua ayat Alquran, yaitu ayat kursi.” (HR. Tirmidzi)
2. Doa Mustajabah
“Asma Allah yang paling Agung yang apabila dibaca dalam doa pasti dikabulkan ada dalam tiga tempat, yaitu surat Al Baqarah, Al Imron, dan Thaha.” (HR. Ibnu Majah)
3. Kunci Masuk Surga
“Barangsiapa membaca ayat kursi sehabis sholat fardhu, maka tiada penghalang baginya untuk memasuki surga kecual hanya mati.” (HR. Thabrani)
ADVERTISEMENT
Dalam kehidupan sehari-hari, umat muslim dianjurkan membiasakan diri membaca dan mengamalkan ayat kursi, sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.(Anne)