News
·
9 Juni 2021 17:30
·
waktu baca 1 menit

Arti Ayat Kursi yang Dapat Dijadikan Doa Sebelum Tidur

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Arti Ayat Kursi yang Dapat Dijadikan Doa Sebelum Tidur (5450)
searchPerbesar
Ilustrasi membaca ayat kursi. Sumber: Unsplash
Ayat kursi atau bacaan Al Baqarah ayat 255 merupakan salah satu firman Allah SWT yang dapat diamalkan sebagai bacaan doa sebelum tidur. Pengamalan bacaan serta arti ayat kursi sebagai doa sebelum tidur itu sendiri termasuk ibadah sunnah yang sering dilakukan oleh Rasulullah SAW.
ADVERTISEMENT
Dalam sebuah riwayat hadist, Rasulullah SAW pun menyebut bahwa membaca ayat kursi (surat Al Baqarah ayat 255) sebelum tidur di malam hari memiliki keutamaan untuk mendatangkan perlindungan Allah SWT sepanjang malam. Hal ini sendiri dapat kita temukan dalam isi hadist berikut:

“Jika engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), maka bacalah ayat kursi. Niscaya Allah akan selalu menjagamu dan setanpun tidak akan menganggu tidurmu hingga pagi tiba.” (HR. Bukhari)

Berdasarkan keterangan dalam hadist tersebut, maka setiap muslim yang senantiasa membaca ayat kursi sebelum tidur akan mendapatkan perlindungan dan penjagaan Allah SWT bahkan akan dihindarkan dari godaan setan sepanjang malam.

Bacaan dan Arti Ayat Kursi Untuk Diamalkan Sebagai Doa Sebelum Tidur

Jika ingin mengamalkan bacaan ayat kursi untuk doa sebelum tidur sebagaimana sunnah Rasulullah SAW, maka ada baiknya jika kita turut memamahi bagaimana arti ayat kursi agar pengamalannya ibadahnya semakin afdhol dan khusyuk.
ADVERTISEMENT
Mengutip Alquran dan Terjemahannya, Soenarjo (1971: 63), adapun bacaan serta arti ayat kursi yang perlu diketahui umat muslim ialah sebagai berikut:

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Latin: “allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa'u 'indahū illā bi`iżnih, ya'lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min 'ilmihī illā bimā syā`, wasi'a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-'aliyyul-'aẓīm.”

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. Al Baqarah: 255)

ADVERTISEMENT
Dengan senantiasa mengamalkan bacaan ayat kursi sebelum tidur, semoga umat muslim kelak akan dihindarkan dari segala bahaya di malam hari dan mendapat penjagaan dari Allah SWT sepanjang malam. Insyaallah. (HAI)