News
·
11 Juni 2021 14:52
·
waktu baca 2 menit

Bacaan Ayat Kursi dan Keutamaannya Lengkap

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Bacaan Ayat Kursi dan Keutamaannya Lengkap (519548)
searchPerbesar
ilustrasi bacaan Ayat Kursi, sumber gambar: https://www.freepik.com/
Bacaan ayat kursi merupakan salah satu penggalan ayat di dalam Alquran yang memiliki kedudukan yang tinggi di sisi Allah SWT. Ayat kursi dinilai sebagai salah satu ayat paling agung dan menjadi bacaan yang mustajabah bagi para umat muslim. Tidak heran jika ayat kursi sering dibaca saat di mana pun dan kapan pun seorang muslim berada.
ADVERTISEMENT
Syaifurrahman dalam buku Manfaat Dahsyat Dzikir Asmaul Husna (2016: 172) memaparkan bahwa ayat kursi memuat makna-makna yang tinggi dan mampu menjadi penerang hati atas izin Allah SWT. Dengan rutin membaca ayat kursi, maka iman kita akan semakin baik dan Allah akan memelihara kita dari hal-hal buruk.
Bacaan Ayat Kursi dan Keutamaannya Lengkap (519549)
searchPerbesar

Bacaan Ayat Kursi dan Keutamaannya

Ayat kursi akan mudah untuk dihapal jika dibaca terus dan berulang-ulang. Adapun bacaan ayat kursi yaitu sebagai berikut:

Allahu laa ilaaha ila huwal hayyul qayyumu. Laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa nauum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardhi. Man dzal ladzii yasfa’u ‘indahu illa bi idznihi. Ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum. Wa laa yuhithuuna bi syai’in min ‘ilmihii illaa bi maasyaa-a. Wasi’a kursiyyuhussamaawaati wal’ardha. Wa laa ya’udhuu hifzhuhumaa wahuwal ‘aliyyul azhiim.

ADVERTISEMENT
Artinya:
Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan juga tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang mampu memberi syafaat di sisi Allah tanpa seizin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah mencakup langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.
Keutamaan Ayat Kursi
Tidak sulit untuk mengetahui apa saja keutamaan yang terkandung dalam ayat kursi. Hal ini karena keutamaan tersebut sudah tertuang jelas pada setiap makna yang ada di dalam ayat tersebut. Namun, tidak ada salahnya bagi kita untuk mengetahui keutamaan ayat kursi tersebut sebagai pembelajaran bersama. Adapun keutamaan dari bacaan ayat kursi yaitu sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
1. Ayat yang Paling Agung
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ayat kursi memuat makna-makna yang begitu agung. Adapun kata yang mengandung pujian paling agung yaiyu Al Hayyu dan Al Qayyum.
2. Untuk Menolak Bala’
Ayat kursi juga termasuk salah satu bacaan yang dianjurkan untuk dilafazkan ketika kita dalam suasana genting. Contohnya ketika dalam perjalanan sendirian dan melewati jalanan sepi, membaca ayat kursi dapat menjadi benteng pelindung diri dari berbagai gangguan, baik dari manusia maupun jin.
3. Salah Satu Penyebab Masuk Surga
Bacaan ayat kursi juga termasuk salah satu penyebab setiap muslim masuk surga. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah, “Barang siapa membaca ayat kursi setelah sholat, maka tidak ada yang mampu menghalanginya masuk surga kecuali kematian.” (HR. An-Nasa’i).
ADVERTISEMENT
(DLA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white