News
·
10 Juni 2021 17:38
·
waktu baca 1 menit

Bacaan Ayat Kursi dan Terjemahan Lengkap untuk Diamalkan

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Bacaan Ayat Kursi dan Terjemahan Lengkap untuk Diamalkan (73930)
searchPerbesar
Ilustrasi bacaan ayat kursi dalam alquran. Sumber: unsplash
Bacaan ayat kursi dan terjemahan lengkapnya kerap kali dijadikan sebagai bacaan doa oleh umat muslim. Pasalnya pengamalan itu sendiri telah didasarkan kepada sunnah yang dicontohkan Rasulullah SAW. Umumnya ayat kursi disunnahkan untuk dibaca sebagai doa sebelum tidur dan doa sesudah sholat.
ADVERTISEMENT
Melansir dalam sebuah riwayat hadist, bacaan ayat kursi dan terjemahannya disebut Rasulullah sebagai firman Allah SWT yang paling mulia kedudukannya sebab dalam ayat tersebut diterangkan tentang kekuasaan Allah SWT sebagai tuhan yang maha Esa. Keutamaan lain dari bacaan surat Al Baqarah ayat 255 tersebut dapat mendatangkan perlindungan dan pemeliharaan dari sang khaliq jika dibaca sebelum tidur sebagaimana bunyi hadist berikut:

“Jika engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), maka bacalah ayat kursi. Niscaya Allah akan selalu menjagamu dan setanpun tidak akan menganggu tidurmu hingga pagi tiba.” (HR. Bukhari)

Tidak hanya itu, jika umat muslim gemar mengamalkan bacaan ayat kursi dan terjemahan lengkapnya sebagai doa selesai sholat, maka seorang muslim pun akan diberikan kemudan untuk masuk ke dalam surga seperti sabda Rasulullah berikut:
ADVERTISEMENT

“Barang siapa membaca ayat kursi setelah selesai sholat, maka tidak akan ada yang menghalanginya masuk ke surga kecuali kematian.” (HR. An Nasai)

Bacaan Ayat Kursi dan Terjemahan Lengkap

Untuk bisa mendapatkan keutamaan-keutamaan tadi, maka bacaan ayat kursi dan terjemahan lengkap yang dikutip dari Al Qur’an dan Terjemahannya, Soenarjo (1971:63) berikut ini dapat kita amalkan sebagai doa sebelum tidur dan doa selesai sholat:

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Latin: “allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa'u 'indahū illā bi`iżnih, ya'lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min 'ilmihī illā bimā syā`, wasi'a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-'aliyyul-'aẓīm.”

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. Al Baqarah: 255)

ADVERTISEMENT
Dengan mengetahui bahwa mengamalkan bacaan ayat kursi dan terjemahan lengkapnya dapat mendatangkan banyak keberkahan bagi umat muslim, semoga kita bisa semakin giat menerapkan sunnah Rasulullah SAW tersebut setiap harinya ya! Aamiin. (HAI)