News
·
7 Juni 2021 9:19
·
waktu baca 1 menit

Bacaan Ayat Kursi Latin Lengkap dengan Arab dan Artinya

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Bacaan Ayat Kursi Latin Lengkap dengan Arab dan Artinya (70772)
searchPerbesar
Ilustrasi bacaan ayat kursi, sumber foto: https://pixabay.com/
Ayat kursi merupakan salah satu ayat di dalam Alquran yang memiliki banyak manfaat jika kita mengamalkannya. Dikutip dari buku Ayat Kursi untuk Pelindung Diri, Ahamd Fathoni el-Kaysi (2009: 24), ayat kursi atau juga disebut dengan A’dhamul ayat atau ayat yang paling agung.
ADVERTISEMENT

Bacaan Ayat Kursi Arab, Latin dan Artinya

Berikut adalah bacaan ayat kursi latin dan juga artinya.
ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ
Latin: “allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa'u 'indahū illā bi`iżnih, ya'lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min 'ilmihī illā bimā syā`, wasi'a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-'aliyyul-'aẓīm.”
ADVERTISEMENT
Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. Al Baqarah: 255)
Bacaan Ayat Kursi Latin Lengkap dengan Arab dan Artinya (70773)
searchPerbesar
sumber foto: https://pixabay.com/
Mengapa ayat kursi disebut sebagai ayat yang paling agung? Sebagaimana diriwayatkan dari sahabat Ubay bin Ka’bin ra, bahwa Rasulullah SAW menanyaiku:
ADVERTISEMENT
“Wahai Abu Mundzir, apakah kamu tahu ayat yang paling agung di dalam Al-Qur’an.” Aku menjawab, “Allah dan rasul-Nya lah yang tahu.” Rasul pun mananyai aku lagi, “Apakah kamu belum tahu?” Saya menjawab, “Allohu la ilaha illa huwal hayyul qoyyum…” Lalu Rasul menepuk dadaku sambal berdoa “Semoga Allah memudahkan masuknya ilmu pada dirimu.” (HR. Ahmad, Muslim, Abu Daud dan Hakim)
Demikian pembahasaan mengenai bacaan ayat kursi latin dan artinya yang merupakan bagian dari Surat Al Baqarah ayat 255 dan alasan mengapa ayat kursi disebut sebagai ayat yang paling agung di dalam Alquran. (WWN)