News
·
18 April 2021 9:48

Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan Sesuai Sunnah Rasullah

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan Sesuai Sunnah Rasullah (131732)
Ilustrasi buka puasa, sumber foto : https://www.pexels.com/
Rasulullah SAW selalu mengajarkan kepada kita untuk selalu berdoa sebelum melakukan apapun, termasuk saat akan berbuka puasa agar yang kita lakukan mendapatkan berkah dan dihitung sebagai amal perbuatan bagi kita.
ADVERTISEMENT
Saat berbuka puasa disunnahkan untuk menyegerakan berbuka puasa. Seperti yang dilakukan Rasulullah SAW, saat berbuka puasa menyuruh sahabatnya untuk mensegerakan berbuka saat matahari terbenam langsung berbuka puasa.
Sunnah yang kedua saat berbuka puasa adalah Rasulullah SAW menganjurkan untuk mengonsumsi kurma dan air putih ketika berbuka. Seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka dengan kurma basah (ruthab), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan kurma kering (tamr), jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air.”
Sunnah berbuka puasa yang ketiga adalah seorang yang berpuasa dianjurkan untuk membaca doa. Ini karena waktu berbuka menjadi salah satu mudahnya doa dikabulkan. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya doa orang yang berpuasa pada waktu berbuka itu tidak ditolak." (HR Ibnu Majah).
ADVERTISEMENT

Bacaan Doa Buka Puasa

Ada dua pandangan mengenai doa buka puasa di kalangan ulama, ada yang mendasarkan doa buka puasa pada riwayat Bukhari dan Muslim ada juga yang mendasarkan doa buka puasa pada Riwayat Abu Dawud. Dikutip dari buku (Kumpulan Doa Mustajab Pembuka Pintu Rezeki) (KH. Sulaeman Bin Muhammad Bahri) (2010: 40) berikut bacaan doa buka puasa yang shahih menurut hadis.
Menurut hadis riwayat Abu Dawud
ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ
Dzahabaz zhama'u wabtallatil 'uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah.
Artinya: "Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah."
Menurut hadis riwayat Bukhari dan Muslim
اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ
ADVERTISEMENT
Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.
Artinya: “Ya Allah, untuk Mu aku berpuasa, dan kepada Mu aku beriman, dan dengan rezeki Mu aku berbuka. Dengan rahmat Mu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.”
Demikian adalah pembahasan mengenai bacaan doa buka puasa dan beberapa hal yang disunnahkan saat berbuka puasa, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. (WS)