News
·
16 April 2021 17:28

Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan yang Dicontohkan Nabi Muhammad

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan yang Dicontohkan Nabi Muhammad (130719)
Ilustrasi berbuka puasa Ramadhan. Sumber: Unsplash
Sebagai seorang muslim, kita tentu perlu mengikuti hal-hal yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam hal ibadah. Misalnya saja dengan turut mengamalkan doa buka puasa Ramadhan yang kerap kali beliau baca ketika hendak berbuka.
ADVERTISEMENT
Pengamalan doa berbuka puasa Ramadhan yang kita kerjakan itu sendiri tentunya akan termasuk ke dalam ibadah sunnah yang dapat mendatangkan pahala. Disamping itu, sunnnah puasa tersebut juga memiliki peranan untuk menyempurnakan amalan pahala dari ibadah puasa Ramadhan yang kita kerjakan tersebut.
Dalam prakteknya sendiri, terdapat beberapa doa buka puasa Ramadhan yang dapat diamalkan oleh umat muslim sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Misalnya saja bacaan doa buka puasa Ramadhan yang dikutip lewat (Fiqh Islam) (Sulaiman Rasjid) (2019: 239) berikut ini:

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْت ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthortu dzahabazh-zama’u, wabtalatil ‘uruuqu wa tsabata-l ajru, insyaa Allah

Artinya: “Ya Allah, karena engkau saya puasa, dan dengan rezeki pemberian engkau saya berbuka, dahaga telah lenyap dan urat-urat telah minum, serta pahala telah tetap bila Allah SWT menghendakinya”

ADVERTISEMENT
Bacaan doa buka puasa Ramadhan itu sendiri disebutkan bersumber dari hadist shahih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim dari Ibnu Umar.

Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan yang Dapat Diamalkan

Selain memanjatkan doa buka puasa Ramadhan tadi, kita juga bisa memanjatkan doa berikut ini sebagai bagian dari pengamalan sunnah-sunnah puasa:

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamar-roohimiina

Artinya : "Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, Ya Allah yang Tuhan Maha Pengasih."

Demikianlah informasi singkat tentang bacaan doa buka puasa Ramadhan yang dapat diamalkan oleh umat muslim sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Semoga bermanfaat. (HAI)
ADVERTISEMENT