News
·
16 April 2021 19:48

Bacaan Doa Sholat Witir yang Sesuai Sunnah Nabi Muhammad

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Bacaan Doa Sholat Witir yang Sesuai Sunnah Nabi Muhammad (15544)
Ilustrasi sholat tarawih dan witir di masjid. Sumber: Unplash
Melaksanakan sholat witir di bulan Ramadhan merupakan bagian daripada sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW bagi umat muslim setelah selesai sholat tarawih. Dalam pelaksanaan sholat witir itu sendiri, umumnya pada pertengahan bulan Ramadhan kita dianjurkan untuk membaca doa sholat witir dalam bentuk doa qunut.
ADVERTISEMENT
Mengutip Kumpulan Risalah Bimbingan Sholat Lengkap (Muhajir dan Abdul Gani Asykur) (1989: 46), pada pertengah Ramadhan atau sekitar tanggal 16 Ramadhan, disunnahkan bagi umat muslim untuk membaca doa sholat witir dalam bentuk doa qunut saat bangun dari I’tidal di rakaat terakhir sholat witir sambil mengangkat kedua tangan.
Jika sholat witir tersebut dikerjakan sebanyak tiga rakaat, atau bilangan ganjil lainnya maka bacaan doa qunut tersebut disunnahkan dibaca pada rakaat terakhir. Namun jika sholat witir yang kita kerjakan hanya 1 rakaat saja, maka kita bisa membaca qunut dalam sholat tersebut.

Bacaan Doa Sholat Witir (Qunut) Saat Rakaat Terakhir

Adapun bacaan doa qunut sebagai doa sholat witir di rakaat terakhir tersebut ialah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT

اَللّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ، وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ، فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ، وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ، وَاسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allahummahdini fiiman hadayt, wa ‘aafinii fiiman ‘aafayt, wa tawallanii fiiman tawallayt, wa baariklii fiiman a’thoyt, waqinii syarro maa qodhoyt, wallaa yuqdhoo ‘alaik, wa innahu laa yadzillu man waalayt, walaa ya’izzu man ‘aadayt, tabaarakta robbanaa wa ta’aalayt, wa astagfiruka wa atuubu ilaik, wa shallallâhu ‘alâ sayyidinaa Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya: “Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagaimana Engkau memberikan petunjuk (kepada selainku), berilah keselamatan sebagaimana Engkau memberikan keselamatan (kepada selainku), rawatlah aku sebagaimana Engkau merawat orang lain, berilah keberkahan kepadaku pada semua pemberian-Mu, lindungilah aku dari kejelekan takdir-Mu, sesungguhnya Engkau menakdirkan dan tidak ditakdirkan, dan sesungguhnya tidak terhinakan orang yang menjadikan Engkau sebagai wali, dan tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci dan Maha Tinggi Engkau, wahai Rabb kami. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan, aku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. Dan semoga Allah mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga, dan sahabatnya.”

ADVERTISEMENT
Sebagai bagian daripada sunnah Nabi Muhammad SAW, membaca doa qunut sebagai doa sholat witir di pertengahan bulan Ramadhan tentunya dapat menambah amalan pahala sholat seorang muslim ya! Oleh sebab itu, ada baiknya jika umat muslim melaksanakan sunnah tersebut saat sholat witir nanti. Semoga informasi tadi bermanfaat. (HAI)