Pencarian populer
USER STORY
18 Februari 2019 18:03 WIB
..
..

Berita Terkini: Jokowi Koreksi Rencana Prabowo Bangun BUMN Kelautan

Dua kandidat capres 2019, Jokowi dan Prabowo.

Berita Terkini hari ini seputar debat capres jilid kedua yang berlangsung Minggu (17/2) kemarin. Prabowo Subianto mengatakan bahwa nelayan kecil di era presiden Jokowi menghadapi banyak kesulitan saat melaut. Mulai dari sulitnya akses nelayan kecil terhadap perizinan kapal hingga modal yang terbatas.

Capres nomor urut 02 itu berjanji akan membangun BUMN khusus untuk mengorganisir berbagai bidang kelautan. Dengan adanya BUMN di bidang kelautan itu, Prabowo Subianto berharap agar nelayan bisa mendapatkan fasilitas yang mereka butuhkan untuk melaut.

"Strategi kami adalah negara hadir, kami akan membuat BUMN-BUMN khusus di bidang laut dan perikanan dan mengorganisir nelayan-nelayan dilatih kepada kapal, modal, diberi prasarana cold storage, pengalengan, dan sebagainya," ucapnya dalam Debat Calon Presiden di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2).

Namun pernyataan Prabowo Subianto tersebut langsung dikoreksi oleh capres nomor urut 01, Joko Widodo. Ia mengungkapkan bahwa Indonesia saat ini telah memiliki BUMN yang ingin dibuat Prabowo, yakni Perum Perikanan Indonesia (Perindo) dan Perikanan Nusantara (Perinus).

"Soal BUMN perikanan, mungkin bapak belum tahu bahwa kita telah memiliki Perindo dan Perinus yang membantu beli ikan dari rakyat," jelas Jokowi.

Capres petahana itu mengatakan bahwa pihaknya sudah memberikan akses teknologi, kapal hingga modal kepada para nelayan. Mengenai perizinan kapal, nelayan kecil dengan kapal di bawah 30 Gross Ton (GT) bahkan tidak perlu lagi mengajukan perizinan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Soal perizinan, hanya kapal 30 GT ke atas yang harus pakai izin dari KKP maupun provinsi. Saya yakin dengan cepatnya perizinan saat ini, nelayan bisa dapat ikan lebih banyak lagi. Ketiga, kita telah membentuk bank mikro nelayan agar para nelayan bisa akses ke bidang ekonomi," jelasnya.

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk mendapatkan berita terkini dan terlengkap.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: