Tekno & Sains
·
21 November 2020 19:34

Cara Cek KTP Online Lewat Media Sosial Resmi Dukcapil, Dijamin Aman!

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Cara Cek KTP Online Lewat Media Sosial Resmi Dukcapil, Dijamin Aman! (47377)
KTP Online Foto: ANTARA FOTO/Rahmad
Cara cek KTP online dewasa ini bisa dilakukan dengan sangat mudah dan praktis lho! Pasalnya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Dukcapil telah menawarkan layanan yang bisa diakses secara jarak jauh lewat platform online.
ADVERTISEMENT
Selain memberikan pelayanan yang mudah diakses lewat internet, Dukcapil juga menyediakan banyak platform online yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk mendapatkan informasi kependudukan. Salah satunya yakni layanan dengan memanfaatkan laman media sosial seperti Facebook dan Twitter.
Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan Facebook dan Twitter bukan? Kedua platform tersebut sendiri cukup banyak digandrungi oleh masyarakat umum baik yang muda hingga dewasa. Nah! Jika kamu termasuk salah satu pengguna akun Facebook dan Twitter, maka manfaatkanlah akun tersebut sebagai salah satu cara cek KTP online.

Cara Cek KTP Online Lewat Media Sosial Dukcapil

Hal pertama yang perlu kamu lakukan jika ingin mencari informasi atau data kependudukan secara online, hanyalah mengunjungi akun sosial media resmi Dukcapil terlebih dulu. Jika ingin mengakses lewat facebook, kamu bisa mencarinya dengan keyword “Ditjen Dukcapil”, sedangkan untuk twitter kamu bisa mencari user Dukcapil di @ccdukcapil.
ADVERTISEMENT
Jika kedua akun resmi tersebut sudah kamu temukan, langkah berikutnya adalah menekan pilihan menu direct messenger atau DM pada twitter atau mengirim ke kotak pesan Facebook. Adapun format pesan yang harus kamu kirimkan tersebut ialah sebagai berikut:
  • #NIK
  • #Nama_Lengkap
  • #Nomor_Kartu_Keluarga
  • #Nomor_Telp
  • #Keluhan
Baik dilakukan lewat facebook ataupun twitter, format pesan aduan atau permintaan informasi kependudukan pada akun sosial media Dukcapil-pun sama seperti yang telah disebutkan tadi ya!
Jika belum puas dengan cara cek KTP online lewat media sosial, kamu juga bisa menghubungi Duckapil lewat layanan WhatsApp di nomor 08118005373 dengan menyertakan pesan singkat yang berisi format yang sama seperti mengirim pesan lewat DM sosial media, yakni #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telepon. Selamat mencoba! (HAI)