Tekno & Sains
·
21 November 2020 20:25

Cara Membuat Google Form yang Mudah di HP Tanpa Aplikasi

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Cara Membuat Google Form yang Mudah di HP Tanpa Aplikasi (252870)
Google Form di HP Foto: Google.com
Cara membuat Google Form di HP ternyata bisa dilakukan dengan mudah lho! Bagi kamu yang belum tahu, Google Form merupakan layanan Google yang bisa digunakan untuk membuat kuesioner atau survei online. Dibandingkan dengan platform serupa, Google form sendiri termasuk salah satu layanan yang memiliki banyak pengguna.
ADVERTISEMENT
Banyak kemudahan yang diberikan oleh Google Form bagi para pengaksesnya. Selain bisa digunakan tanpa menggunakan aplikasi tambahan, layanan ini juga bisa diakses tanpa pungutan biaya atau gratis.
Umumnya, platform ini banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai formulir. Misalnya saja seperti kuesioner, survei, ataupun formulir pendaftaran dan absensi. Hasil dari formulir tersebut sendiri bisa digunakan untuk memenuhi tugas sekolah atau kuliah, survei sebuah acara, ataupun untuk kepentingan kegiatan kepanitian di civitas akademi.
Tak perlu repot untuk mengeluarkan banyak waktu, tenaga, dan biaya, sebab membuat formulir online di Google Form terbilang cukup mudah dan praktis. Selain itu, platform tersebut juga bisa diakses melalui berbagai perangkat elektronik. Mulai dari smartphone, tablet, ataupun komputer dan laptop.
ADVERTISEMENT
Agar semakin praktis, kamu bisa mengakses layanan ini hanya dengan ponsel pintarmu. Ingin tahu bagaimana cara membuat Google Form di HP? Berikut langkah-langkah yang perlu kamu ikuti.

Cara Membuat Google Form di HP, Kilat Gak Pakai Lama!

Sebelum mengikuti cara membuat Google Form di HP, kamu harus pastikan bahwa ponselmu sudah terhubung dengan koneksi internet yang stabil ya! Kemudian ikuti langkah berikut:
  1. Buka alamat website https://docs.google.com/forms/ terlebih dahulu menggunakan browser smartphone-mu, misalnya melalui Google Chrome.
  1. Setelah masuk ke website, Kamu akan disuguhkan pilihan bentuk formulir atau template yang bisa dipilih. Atau jika ingin memulainya dari formulir kosong, kamu bisa memilih menu “kosong” atau yang berikon plus (+)
  1. Editlah formulir kosong tersebut mulai dari judul, deskripsi formulir, kemudian lanjut ke pertanyaan.
ADVERTISEMENT
  1. Untuk menambahkan pertanyaan berikutnya, tinggal pilih simbol tambah (+) di bagian pojok kiri bawah. Kemudian tulis pertanyaan sesuai kebutuhan.
  1. Jika semua pertanyaan dirasa sudah cukup, Kamu bisa klik submit formulir tersebut dengan menekan tombol ikon “Send” yang tertera pada bagian atas monitor. Di sini Kamu bisa langsung mengirimkan link formulir tersebut ke email responden atau bisa juga dengan menyalin link dan membagikannya di media sosial
  1. Setelah link survei dibagikan, Kamu bisa melihat hasil tanggapan yang sudah diperoleh pada bagian “Responds”
Bagaimana? Cara membuat Google Form di HP tersebut sudah cukup jelas bukan? Perhatikan dan Ikutilah langkah-langkah di atas agar formulir online-mu bisa dibuat dengan mudah dan praktis. Selamat mencoba! (HAI)
ADVERTISEMENT