News
·
8 November 2020 19:47

Cara Membuat Latar Belakang Makalah Agar Lebih Menyenangkan

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Cara Membuat Latar Belakang Makalah Agar Lebih Menyenangkan (342302)
Cara membuat latar belakang makalah/ foto: Kumparan
Cara membuat latar belakang makalah terasa susah-susah gampang. Namun, jika dilakukan dengan senang hati, tentunya membuat makalah tidak terasa sulit. Dalam sebuah makalah, latar belakang merupakan salah satu poin penting yang bertujuan memberikan pembaca gambaran awal dari pembahasan.
ADVERTISEMENT
Biasanya, membuat latar belakang memuat tiga hal penting, yakni kondisi faktual, kondisi ideal, dan solusi. Bagi Anda yang ingin mencoba atau sedang membuat makalah, berikut ini cara mudahnya agar membuat makalah terasa lebih menyenangkan.

Cara Membuat Latar Belakang Makalah Melalui Observasi Masalah

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika membuat latar belakang pada sebuah makalah adalah melakukan observasi makalah. Caranya adalah dengan melihat ke arah sekitar dan berusaha untuk lebih peka. Jika Anda peka, banyak sekali pembahasan atau keresahan yang bisa Anda sampaikan sesuai dengan topik yang Anda pilih dan tulis.
Mengobservasi masalah juga bisa dilakukan dengan mendengar kisah dari orang lain. Terkadang, beberapa hal bisa ditemukan dari pendengaran, bukan hanya penglihatan saja. Namun, saat melakukan observasi masalah, usahakan untuk melakukannya secara detail agar Anda benar-benar memahami apa yang akan ditulis.
ADVERTISEMENT

Mengidentifikasi Masalah

Selanjutnya setelah Anda melakukan observasi pada masalah, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi masalah. Anda harus mengenal dengan jelas masalah yang akan diangkat. Selain itu, Anda harus melakukan analisis mulai dari individu atau kelompok yang berdampak dari masalah tersebut.
Jika Anda ingin benar-benar merasakan agar tahu apa yang akan dibahas, Anda bisa terjun ke lapangan dan melihat orang-orang tersebut. Gunakan indra Anda dan nilai secara objektif agar tidak terkesan menyudutkan.

Melakukan Analisis Masalah

Menganalisis masalah tidak hanya dengan terjun ke lapangan saja, tapi Anda juga membutuhkan referensi yang sesuai dengan topik yang diangkat. Adanya referensi membantu Anda untuk melakukan analisis lebih jauh. Pikiran Anda pun akan terbuka lebih luas dan lebih objektif dalam menilai. Selain itu, analisa masalah bertujuan untuk menemukan solusi.
ADVERTISEMENT

Menyimpulkan Solusi

Jika analisis masalah sudah dilakukan, maka Anda bisa menarik solusi. Nantinya, solusi tersebut dijabarkan secara singkat dengan hasil yang diharapkan bisa diterapkan.
yang diambil juga harus benar-benar solusi yang terbaik bagi semua pihak.
Nah, cara membuat latar belakang makalah terasa lebih mudah sekarang, bukan?
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white