Woman
·
12 Januari 2021 15:00

Cara Menghitung Weton Milik Pasangan, Ingin Coba?

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Cara Menghitung Weton Milik Pasangan, Ingin Coba? (24259)
Penanggalan Jawa, ilustrasi dok: Kumparan
Menghitung weton, tentu adalah hal lumrah yang biasa dilakukan oleh orang-orang dengan tradisi Jawa yang masih kental. Setiap daerah pasti mempunyai tradisi berbeda-beda, dan tentu masih dipercaya sampai saat ini.
ADVERTISEMENT
Begitu pula dengan weton atau penanggalan Jawa yang masih eksis sampai saat ini. Biasanya, weton ini digunakan jika ingin menentukan tanggal untuk acara-acara tertentu dan sakral. Misalnya, acara mengunduh mantu, pernikahan, khitanan, panen, dan lainnya.
Namun pada saat ini, weton biasa digunakan untuk mencocokan pasangan yang akan melanjutkan ke arah lebih serius. Cara menghitung weton ini terbilang cukup mudah, dan bisa dilakukan oleh siapa saja.
Melansir dari berbagai sumber, begini cara menghitung penanggalan Jawa yang bisa Anda ikuti. Disimak baik-baik ya.

Menghitung Weton: Pastikan Anda Tahu Tanggal Lahir Pasangan

Menghitung weton yang harus Anda lakukan pertama kali, tentunya Anda harus tahu tanggal lahir pasangan Anda. Mengapa seperti itu? Karena weton ini, menghitung berdasarkan tanggal lahir Anda dan pasangan.
ADVERTISEMENT
Jika sudah perhatikan tabel penanggalan Jawa di bawah ini.
Misalnya, Anda lahir pada Rabu Pon, yang berarti memiliki angka 7 dalam tabel berikut. Selanjutnya, tambahkan Rabu dengan Pon. Seperti ini, 7+ 7 = 14.
Lakukan hal yang sama dengan tanggal lahir pasanganmu. Sebagai contoh, pasangan Anda lahir pada Kamis Kliwon, lalu jumlahkan angka pada hari Kamis dan angka pada Kliwon. Yaitu, 8 + 8 = 16.
Jika sudah mendapatkan hasil dari keduanya, lalu hasil tersebut Anda jumlahkan kembali. Seperti ini, 14+16 = 30.
Nah, dari penjumlahan Anda dengan pasangan hasilnya mendapatkan jumlah 30. Dalam angka 30 ini, ada ramalan yang dipercaya akan mempengaruhi kehidupan Anda, dengan pasangan selama berumah tangga.
ADVERTISEMENT
Dalam tafsiran weton, angkat 30 ini berada dalam tafsiran Jodoh. Artinya, Anda dan pasangan memang berjodoh dan ditakdirkan untuk bersatu dalam ikatan yang sah. Namun semuanya kembali lagi dengan kepercayaan masing-masing ya.
Selamat mencoba!
(Linda Fahira Putri)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white