Cara Pembayaran UTBK dan Informasi Penting tentang Pendaftarannya

Konten dari Pengguna
14 Mei 2022 20:20
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Pembayaran UTBK dan Informasi Penting tentang Pendaftarannya (107665)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara pembayaran utbk. Foto. dok. aquaArts studio (Unsplash.com)
Informasi cara pembayaran UTBK merupakan salah satu penting yang perlu diketahui para peserta ujian UTBK. Hal ini karena pembayaran UTBK diberlakukan sebagai persyaratan untuk dapat menempuh ujian UTBK. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, mari kita simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.
ADVERTISEMENT

Cara Pembayaran UTBK Lengkap dengan Jumlah Biaya yang Perlu Dibayar

Bagi siswa yang telah lulus SMA dan berencana melanjutkan pendidikannya di tingkat perguruan tinggi negeri, mengikuti seleksi UTBK menjadi salah satu jalur masuk yang dapat ditempuh calon mahasiswa untuk dapat melanjutkan pendidikannya di universitas negeri impiannya.
Cara Pembayaran UTBK dan Informasi Penting tentang Pendaftarannya (107666)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara pembayaran utbk. Foto. dok. cofotoisme (Unsplash.com)
UTBK merupakan salah satu jenis seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang dapat diikuti secara mandiri oleh calon mahasiswa. Hal ini sesuai dengan apa yang dijelaskan dalam buku berjudul Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia yang disusun oleh Haidar Bagir (2019) yang menyebutkan bahwa UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer merupakan ujian masuk perguruan tinggi yang bisa diambil secara independen oleh siswa lulusan SMA.
Agar dapat berhasil lulus ujian seleksi UTBK, setiap calon mahasiswa perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil ujian yang memuaskan. Hal yang perlu dipersiapkan calon mahasiswa sebelum masuk perguruan tinggi disebutkan dalam buku berjudul Sukses Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang disusun oleh Wisnu Murti Suryaningrat (2006:64).
Cara Pembayaran UTBK dan Informasi Penting tentang Pendaftarannya (107667)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara pembayaran utbk. Foto. dok. ronstik (Unsplash.com)
Tertulis dalam buku tersebut bahwa persiapan masuk perguruan tinggi selain menyiapkan bekal kemampuan akademis, kita juga perlu mempersiapkan banyak hal termasuk hal yang bersifat teknis maupun non teknis. Persiapan ini dapat dimulai dengan mengetahui informasi cara pembayaran UTBK sesuai dengan kelompok ujian yang diambilnya. Berikut ini adalah informasi rincian biaya pendaftaran UTBK sesuai kelompok ujian yang diambil:
ADVERTISEMENT
  • Kelompok ujian Saintek: Rp 200.000.
  • Kelompok ujian Soshum: Rp 200.000.
  • Kelompok ujian Campuran (Saintek dan Soshum): Rp 300.000
Sesuai yang dilansir dalam situs resmi http://halo.ltmpt.ac.id yang diakses pada 14 Mei 2022, pembayaran UTBK dapat dilakukan melalui Teller Bank atau ATM. Anda juga dapat melakukan pembayaran UTBK melalui M Banking dan SMS banking untuk pembayaran yang lebih praktis. Berikut ini informasi bank yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pembayaran UTBK:
  • Bank Mandiri: Mandiri ATM, Livin’ by Mandiri Apps, Livin’ by Mandiri Website, dan SMS Banking di seluruh wilayah Indonesia
  • Bank BNI: BNI Mobile Banking, BNI SMS Banking, BNI Internet Banking, ATM BNI dan Agen46.
  • Bank BTN: ATM BTN, dan Internet Banking Web di seluruh wilayah Indonesia.
  • Bank BRI: Bank BRIm ATM BRI dan BRIMO (Internet Banking Versi App BRI) di seluruh wilayah Indonesia.
ADVERTISEMENT
Itu dia informasi mengenai cara pembayaran UTBK yang dapat Anda jadikan panduan untuk membayar UTBK. Anda juga dapat mengakses situs resmi https://ltmpt.ac.id untuk mendapatkan informasi terbaru tentang UTBK yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Lakukan pembayaran sebelum batas waktu pembayaran habis agar Anda tidak dianggap mengundurkan diri dari seleksi SBMPTN 2022. Semoga berhasil, ya! (DAP)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020