Tekno & Sains
·
21 Juli 2021 17:12
·
waktu baca 1 menit

Cara Transfer Pulsa Smartfren Saat Kehabisan Kuota

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Cara Transfer Pulsa Smartfren Saat Kehabisan Kuota (37802)
searchPerbesar
pexels.com - cara transfer pulsa Smartfren
Saat kalian kehabisan pulsa, mungkin kalian bisa memanfaatkan cara transfer pulsa Smartfren yang diakses melalui aplikasi resmi Smartfren. Tapi bagaimana bila kuota internet yang habis? Otomatis kalian tidak akan bisa mengakses aplikasi tersebut. Padahal saat ini, internet adalah segala-galanya dalam kehidupan manusia, sama seperti yang tertulis di Planet Internet: Jaringan Pintar yang Mengubah Dunia, Budi Putra, 2005.
ADVERTISEMENT
Tenang. Masih ada cara transfer pulsa Smartfren lain yang bisa dicoba, kok. Ada beberapa cara yang bisa kalian praktikkan, bahkan saat ini kabarnya para pengguna Smartfren sudah bisa melakukan transfer pulsa ke operator lain lho terutama saat kehabisan kuota internet.

Cara Transfer Pulsa Smartfren

1. Menggunakan Kode Dial
Kalian bisa melakukan transfer pulsa Smartfren melalui kode dial. Cara ini dapat dilakukan dengan cepat dan hemat waktu. Hal ini pastinya sesuai bagi kalian yang ingin mentransfer pulsa dengan segera. Langkah-langkahnya adalah:
  • Buka ponsel maupun smartphone, lalu ketik kode dial di *879#.
  • Ikuti petunjuk yang muncul secara otomatis di layar smartphone kalian.
  • Masukkan nomor tujuan yang akan kalian transfer pulsa tadi. Begitu pula dengan nominalnya. Sebaiknya kalian lebih teliti dalam mengecek nomor maupun nominalnya agar tidak salah.
  • Lakukan proses selanjutnya sampai ada pesan konfirmasi di nomormu.
ADVERTISEMENT
2. Layanan SMS
Cara transfer pulsa Smartfren yang berikutnya adalah melalui layanan SMS. Caranya sama seperti saat kalian mengetik SMS pada umumnya. Perbedaannya hanya terletak pada formatnya saja. Berikut langkah-langkahnya,
  • Buka menu SMS pada ponsel atau smartphone.
  • Ketiklah format SMS untuk transfer pulsa:
KIRIM(titik)NOMOR TUJUAN YANG AKAN DIKIRIMI PULSA(titik)NOMINAL YANG AKAN DITRANSFER.
Contohnya adalah: KIRIM.088812345678.50000.
  • Kirim format tersebut ke nomor 879.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi dalam bentuk SMS dari Smartfren. Notifikasi tersebut berisi informasi bahwa transfer pulsa yang kalian lakukan berhasil.
  • Bila cara ini gagal, mungkin kamu perlu memperhatikan persyaratan yang ada. Bisa jadi selain masalah jaringan, gagalnya proses transfer tersebut karena tidak memenuhi ketentuan.
3. Transfer ke Operator Lain
ADVERTISEMENT
Saat ini Smartfren sudah memiliki inovasi baru yaitu dengan dapat melakukan transfer pulsa ke operator lain. Misalnya saja ke Indosat Ooredoo, Telkomsel, Axis, dan XL.
Untuk bisa melakukan transfer pulsa ke operator lain, berikut adalah langkah-langkahnya:
  • Lewat SMS.
  • Buka layanan SMS di smartphone.
  • Ketik pesan baru dengan mengetik nomor tujuan yang akan kalian transfer pulsa. Saat mengetikkan nomor tujuan ini pastikan agar tidak salah.
  • Kirimkan SMS tadi ke nomor 7000.
  • Tunggu beberapa saat hingga kalian mendapatkan balasan berupa konfirmasi pengiriman.
  • Setelah mendapatkan konfirmasi SMS tersebut, maka balas dengan mengetikkan huruf ‘Y’ bila kalian setuju untuk mengirimkan pulsa yang akan ditransfer.
  • Bila sukses, akan mendapatkan konfirmasi SMS kembali jika transfer pulsa tersebut sukses.
Ada beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus kalian perhatikan jika ingin melakukan cara transfer pulsa Smartfren ke operator lain. Berikut beberapa di antaranya.
ADVERTISEMENT
  1. Jumlah pulsa yang bisa ditransfer ke sesama Smartfren maupun ke operator lain adalah Rp1.000, sedangkan untuk jumlah maksimal transfer sebesar Rp100.000.
  2. Nominal jumlah pulsa yang ditransfer memiliki kelipatan Rp1.000 misalnya Rp1.000, Rp2.000, dan seterusnya.
  3. Pengirim harus memiliki sisa pulsa setidaknya Rp5.000. Bila berada di bawah nominial tersebut maka tidak bisa melakukan transfer pulsa Smartfren dan transfer akan gagal.
  4. Biaya layanan transfer pulsa adalah Rp2.000 dan akan dibebankan kepada pengirim transfer pulsa.
  5. Maksimal transfer ke pelanggan operator lain adalah maksimal 20 kali per hari dan tidak bisa melebihi dari jumlah tersebut.
  6. Setelah mendapatkan transfer pulsa, nomor penerima juga akan mendapatkan tambahan masa aktif. (DNR)