News
·
17 April 2021 17:11

Doa Buka Puasa Ramadhan dan Artinya Sesuai dengan Sunnah Nabi

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Doa Buka Puasa Ramadhan dan Artinya Sesuai dengan Sunnah Nabi (647542)
Doa Buka Puasa. Foto: dok. https://pexels.com
Memperoleh banyak pahala untuk bekal kehidupan akhirat merupakan salah satu balasan yang dijanjikan oleh Allah bagi hamba-Nya yang mau beribadah kepada-Nya. Hal ini dapat kita lakukan dengan memaksimalkan tiap ibadah yang kita kerjakan, termasuk berpuasa di bulan Ramadhan. Cara untuk memaksimalkan puasa Ramadhan dapat kuta lakukan dengan menunaikannya sesuai dengan sunnah Nabi, salah satunya adalah dengan membaca doa buka puasa Ramadhan saat akan berbuka. Berikut ini adalah doa buka puasa Ramadhan dan artinya untuk dapat Anda amalkan.
ADVERTISEMENT

Doa Buka Puasa Ramadhan dan Artinya Untuk Memaksimalkan Pahala Puasa

Berpuasa merupakan ibadah yang mengharuskan kita untuk menjauhi hal-hal yang dapat membatalkan puasa, termasuk makan dan minum. Maka dari itu, waktu berbuka puasa menjadi waktu yang sangat dinanti-nanti bagi umat Islam yang berpuasa untuk segera melepas dahaga dan lapar setelah seharian berpuasa. Hal ini menggambarkan bahwa berbuka puasa merupakan hal yang membahagiakan bagi orang yang berpuasa. Hal tersebut seperti yang disebutkan dalam hadis berikut ini:

لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ: فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ، وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ

Artinya: “Orang yang berpuasa akan meraih dua kegembiraan, kegembiaran ketika berbuka puasa/berhari raya, dan kegembiraan ketika bertemu Tuhannya,” (HR Muslim).
Saat waktu berbuka puasa tiba, kita sangat dianjurkan untuk menyegerakan berbuka. Hal ini seperti yang disebutkan dalam buku karya Muhammad Ridho al-Thurisinai yang diterbitkan oleh Akbar Media berjudul Buka Puasa Bersama Rasulullah SAW: Hati-hati Jangan Sampai Puasa Anda Menjadi Sia-sia! (2010:124-125) yang menyebutkan bahwa saat berbuka puasa kita dianjurkan untuk menyegerakan berbuka dan menghindari menunda-nunda berbuka puasa, apalagi mengakhirkan. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi dalam hadis berikut ini:
ADVERTISEMENT

لاَيَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

Artinya: Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka puasa” (HR. Bukhari dan Muslim)
Meski kita harus menyegerakan berbuka puasa, bukan berarti kita bisa mengabaikan sunnah Nabi lainnya saat berbuka puasa. Saat berbuka puasa kita dianjurkan untuk membaca doa buka puasa Ramadhan agar makanan yang kita makan saat berbuka menjadi berkah bagi kita.
Doa buka puasa Ramadhan dan artinya tidak berbeda dengan doa buka puasa lainnya. Hal ini seperti yang disebutkan dalam buku berjudul Sukses Dunia-Akhirat Dengan Doa-Doa Harian karya Mahmud Asy-Syafrowi (2018:520) yang memaparkan bahwa doa buka puasa bersifat umum, karena tidak ada hadis yang meriwayatkan tentang doa buka puasa khusus untuk puasa sunnah ataupun puasa Ramadhan. Berikut ini adalah doa buka puasa Ramadhan dan artinya sesuai dengan sunnah Nabi:
ADVERTISEMENT

ذَهَبَ الظَّمَأُ، وابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ

Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah

Artinya: Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki (HR. Abu Daud)
Doa buka puasa Ramadhan tersebut dianjurkan untuk dibaca setelah Anda membatalkan puasa Anda, dan mengawali makan atau minum dengan membaca bismillah seperti biasanya saat Anda akan makan atau minum. Penjelasan doa buka puasa Ramadhan dan artinya tersebut dapat Anda jadikan panduan untuk memaksimalkan pahala puasa Anda. (DA)