News
·
19 April 2021 16:03

Doa Buka Puasa Ramadhan, Lengkap dengan Artinya

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Doa Buka Puasa Ramadhan, Lengkap dengan Artinya (128270)
Ilustrasi Doa Buka Puasa Ramadhan. (Foto: https://pixabay.com)
Dikutip dari buku Memantaskan Diri Menyambut Bulan Ramadhan: Panduan Lengkap Menyambut Bulan Ramadhan dari Sebelum Ramadhan Sampai Setelahnya yang ditulis oleh Abu Maryam Kautsar Amru (2018: 20), puasa dalam bahasa Arab berasal dari kata “Shoum” dalam bentuk tunggal atau mufrod-nya atau “Shiyam” dalam bentuk jamaknya.
ADVERTISEMENT
Kata Shoum ini adalah Al-Imsaak yang berarti menahan diri, mencegah, atau menjauhkan dari sesuatu. Puasa Ramadhan adalah puasa wajib yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan mulai dari fajar hingga terbenamnya matahari. Di bulan Ramadhan inilah diwajibkan bagi seluruh umat Islam sedunia untuk menjalankan puasa. jika tidak mampu atau sedang ‘udzur maka untuk menggantinya pada hari-hari yang lain, firman Allah SWT di Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Bacaan latin: Yā ayyuhallażīna āmanụ kutiba 'alaikumuṣ-ṣiyāmu kamā kutiba 'alallażīna ming qablikum la'allakum tattaqụn

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu sekalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, niscaya kamu termasuk orang-orang yang bertaqwa.”

ADVERTISEMENT

Doa Buka Puasa Ramadhan

Ketika matahari telah terbenam sudah masuk waktu Maghrib di bulan Ramadhan, maka segeralah berbuka, disebutkan dalam hadist Imam Bukhori Muslim Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Umatku akan selalu dalam kebaikan selama mereka mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka puasa” (HR Ahmad).

Berikut doa buka puasa Ramadhan yang dapat dibacakan ketika ingin berbuka puasa:
1. Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya: "Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang." (HR Bukhari dan Muslim).

2. Dzahabaz zhama'u wabtallatil 'uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah
ADVERTISEMENT

Artinya: "Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah."

Itulah doa buka puasa Ramadhan yang lengkap dengan artinya yang wajib diketahui oleh umat muslim. Semoga bermanfaat! (CL)