News
·
19 April 2021 16:02

Doa Buka Puasa Ramadhan Sesuai Hadist

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Doa Buka Puasa Ramadhan Sesuai Hadist (369586)
ilustrasi buka puasa, sumber gambar: https://www.freepik.com/
Berbuka puasa merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim ketika menjalankan ibadah puasa ramadhan. Dengan berbuka puasa, maka kewajiban dalam menahan diri selama sehari penuh telah terbayar lunas. Meskipun telah memasuki waktu berbuka, seorang muslim dianjurkan untuk mengucapkan doa buka puasa ramadhan dan diimbau untuk tidak tergesa-gesa dalam menyantap menu berbuka.
ADVERTISEMENT
Membaca doa buka puasa merupakan salah satu tanda bahwa kita mengingat Allah, baik di kala susah maupun di kala gembira. Oleh karena itu, berdoa ketika menjelang berbuka puasa sangat dianjurkan oleh Rasulullah.
Dikutip dari buku Ramadhan di Tengah Wabah oleh Ahmad Syaikhu (2020: 6), puasa dimulai dari terbitnya fajar shadiq hingga terbenamnya matahari. Hal ini sesuai dengan firman Allah sebagai berikut:
“Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar.”

Doa Buka Puasa Ramadhan dan Artinya

Hadist tentang anjuran berbuka puasa ketika telah tiba waktunya dijelaskan dalam suatu riwayat,
Dari Sahl ra, Rasulullah bersabda: “Orang-orang akan tetap dalam kebaikan selama mereka mempercepat waktu berbuka.” (Muttafaq ‘alaih)
ADVERTISEMENT
Hal ini juga didukung dengan hadist menurut Tirmidzi, bahwa Rasulullah bersabda: “Allah swt berfirman: “Hamba yang paling aku cintai adalah yang mempercepat berbuka puasa.”
Ada beberapa versi doa buka puasa ramadhan yang dibaca oleh umat muslim. Akan tetapi, doa yang paling sering diingat dan dibaca oleh umat muslim di indonesia yaitu sebagai berikut:
Allahumma laka shumtu wabika amantu wa’ala rrizqika afthartu dzahabadhdhomau wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru in syaa allah.
Artinya: “Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, dengan rezeki-Mu, aku berbuka. Telah hilang rasa penatku dan basahla tenggorokanku dan tetaplah pahala dicurahkan atasku, in sya Allah.”
Itulah penjelasan mengenai doa buka puasa ramadhan sesuai hadist. Dengan mengetahui betapa pentingnya memanjatkan doa menjelang buka puasa, maka kita tidak akan ragu lagi dalam melaksanakan ajaran Rasulullah tersebut selama bulan ramadhan.
ADVERTISEMENT
(DHA)