Doa Kedua Orangtua dan Artinya untuk Diajarkan pada Anak

Konten dari Pengguna
18 September 2021 9:04
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi orang tua sebagai sosok yang berjasa bagi seorang anak. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi orang tua sebagai sosok yang berjasa bagi seorang anak. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Orang tua adalah sosok yang sangat berjasa bagi seorang anak. Sebagai salah satu tanda bakti seorang anak kepada orang tuanya, anak-anak dapat memanjatkan doa untuk kedua orang tua.
ADVERTISEMENT
Setiap orang tua pasti mendambakan memiliki anak yang berbakti sampai akhir hayatnya, agar sang anak diberikan kenikmatan baik di dunia maupun di akhirat kelak. Dalam Islam sendiri, terdapat ajaran untuk selalu mendoakan orang tua.
Bahkan, di antara banyak doa yang diajarkan agama Islam, salah satu doa yang cepat terkabul adalah doa untuk orang tua. Lafal doanya berbeda antara orang tua yang masih hidup dan yang telah meninggal dunia.
Lantas, seperti apa lafal doa untuk kedua orang tua? Selengkapnya ada di bawah ini.
Ilustrasi mendoakan kedua orang tua agar panjang umur. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mendoakan kedua orang tua agar panjang umur. Foto: Unsplash

Kumpulan Doa untuk Kedua Orang Tua

Bacaan doa untuk kedua orang tua dapat diamalkan umat Muslim setelah melaksanakan ibadah salat wajib atau di waktu-waktu yang tepat untuk memanjatkan doa.
ADVERTISEMENT
Adapun manfaat memanjatkan doa orang tua secara rutin, yaitu:
  • Dicintai oleh Allah SWT, sebab merupakan salah satu bentuk perilaku terpuji.
  • Mendapatkan ridho dari Allah SWT, karena ridho Allah SWT bergantung pada ridho kedua orang tua.
  • Jauh dari perkara sulit dan dimudahkan rezekinya.
  • Mendapatkan imbalan berupa surga.
Dikutip dari berbagai sumber berikut doa untuk kedua orang tua dengan kondisi yang berbeda-beda.

1. Doa Memohon Ampunan untuk Kedua Orang Tua yang Meninggal

Menghimpun buku Ensiklopedia Doa Muslimah oleh Tim GIP, doa memohon ampunan untuk orang tua yang sudah meninggal adalah doa yang diucapkan dalam takbir ketiga salat jenazah.
Jika yang didoakan hanya ayah, lafalnya menggunakan dhomir 'hu'. Jika hanya ibu, maka menggunakan dhomir 'ha'. Adapun untuk kedua orang tua, maka dhomir yang digunakan adalah 'hum'.
ADVERTISEMENT
Adapun lafal doa memohon ampunan untuk kedua orang tua yang meninggal ialah sebagai berikut:
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allohummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wawassi’ mudkholahu waghsilhu bil maa-i wats tsalji wal barod. Wa naqqihi minal khothooyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danas. Wa abdilhu daaron khoiron min daarihi wa ahlan khoiron min ahlihi wa zaujan khoiron min zaujihi wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min ‘adzaabin qobri au min ‘adzaabin naar.

Arrtinya: "Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Bebaskanlah dan maafkanlah dia. Luaskanlah kuburnya dan mandikanlah ia dengan air, salju dan embun. Sucikan ia dari seluruh kesalahan seperti dibersihkannya kain putih dari kotoran. Berikan ia rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga yang lebih baik dari keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Lalu masukkanlah ia ke dalam surga dan lindungilah ia dari cobaan kubur dan azab neraka."

ADVERTISEMENT
Selain itu, terdapat pula bacaan doanya yang lebih singkat. Bunyinya sebagai berikut:
اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا.

Allahummaghfirlii Waliwalidayya Warhamhuma Kamaa Rabbayaanii Shaghiiraa.

Artinya: “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil”.

2. Doa untuk Kedua Orang Tua yang Sedang Sakit

Menyadur dalam buku Agama Islam: Ayo Mengenal Allah Lebih Dekat Untuk SD Kelas 4 terbitan Grasindo, inilah lafal doa untuk kedua orang tua yang sedang sakit, agar segera sembuh:
اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma robbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama.

Artinya: “Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

Ilustrasi mendoakan kedua orang tua selepas melaksanakan sholat. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mendoakan kedua orang tua selepas melaksanakan sholat. Foto: Pixabay

3. Doa untuk Kedua Orang Tua yang Sakit Berat

ADVERTISEMENT
Lain halnya dengan orang tua yang tengah mengidap sakit berat. Bacakan lafal doa untuk kedua orang tua yang sakit berat berikut ini, agar Allah SWT segera mengangkat dan memberikan kesembuhan baginya.
اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِ

Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khoirolli, watawaf fanni adza kaanat wafaatu khirolli.

Artinya: “Ya Allah, hidupkanlah dia apabila itu lebih baik baginya. Dan matikanlah dia apabila kematian itu lebih baik baginya.”

4. Doa untuk Kedua Orang Tua Panjang Umur

Setiap orang tua selalu ingin memberikan hal terbaik bagi anak-anaknya. Dari kehidupan layak, akses pendidikan memadai, hingga cinta dan kasih sayang.
Maka, wajib bagi sang anak untuk menyayangi serta menghormati orang tua dengan cara mendoakannya. Doa dipanjatkan dengan harapan orang tua bisa selalu diberi kesehatan, keselamatan, dan panjang umur.
ADVERTISEMENT
Doa memiliki banyak keajaiban karena langsung disampaikan kepada Allah SWT, sang pemberi kehidupan dan segala kehendak. Dikutip dari buku Doa-doa Mustajab Orang Tua Untuk Anaknya milik Aulia Fadli, berikut bacaan doa untuk kedua orang tua panjang umur:
اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، َاْلاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiron. Walijamii'il muslimiina walmuslimaati, walmu'miniina wal mu'minaati al ahyaa'I minhum wal amwaati, wataabi' bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur raahimiina, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil 'aliyyil adhiimi.

Artinya: "Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu."

ADVERTISEMENT
Demikian bacaan doa untuk kedua orang tua dan artinya yang bisa diajarkan kepada anak-anak sejak usia dini.
(WWN & VIO)
Apa doa kepada kedua orang tua?
chevron-down
Bagaimana bunyi doa mohon ampun untuk kedua orang tua?
chevron-down
Rabbighfirli waliwalidayya artinya apa?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·