Doa Niat Sholat Tahajud Sebagai Syarat Sah Ibadah Sunnah

Konten dari Pengguna
22 Agustus 2021 11:35
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Doa Niat Sholat Tahajud Sebagai Syarat Sah Ibadah Sunnah (76858)
searchPerbesar
Doa niat sholat tahajud agar sholat menjadi sah. Foto: dok. https://unsplash.com/
Doa niat sholat tahajud merupakan salah satu bagian dari rangkaian sholat tahajud yang tak boleh dilewatkan. Hal ini karena niat sholat tahajud dapat menentukan sah atau tidaknya sholat seseorang. Berikut ini adalah doa niat sholat tahajud lengkap dengan latinnya agar sholat Anda sah dan bernilai pahala.
ADVERTISEMENT

Doa Niat Sholat Tahajud Agar Ibadah Bernilai Sah

Memperoleh limpahan pahala pasti menjadi sebuah impian bagi tiap Muslim. Beruntungnya, umat Muslim diberikan kemudahan untuk dapat memperoleh limpahan pahala dengan menunaikan beragam ibadah sunnah, khususnya sholat tahajud. Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari.
Dalam buku Shalat Tahajud Cara Rasulullah SAW: Sesuai Al Qur'an & Hadits, Ust. Hamdi El-Natary (2015:20) sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari. Meski dapat dikerjakan sepanjang malam, sholat tahajud ini lebih utama dikerjakan pada waktu khusus yang dikenal sebagai waktu mustajab.
Doa Niat Sholat Tahajud Sebagai Syarat Sah Ibadah Sunnah (76859)
searchPerbesar
Membaca doa niat sholat tahajud di awal sholat agar sholat menjadi sah. Foto: dok. https://unsplash.com/
Waktu yang dianjurkan untuk menunaikan sholat tahajud disebutkan dalam buku Shalat Tahajud Cara Rasulullah SAW: Sesuai Al Qur'an & Hadits, Ust. Hamdi El-Natary, ‎Radindra Rahman (2015:20) bahwa sholat tahajud adalah sholat sunnah yang ditunaikan pada malam hari setelah sholat Isya, namun lebih utamanya ditunaikan pada akhir malam menjelang fajar sekitar pukul 3 pagi.
ADVERTISEMENT
Sholat tahajud rupanya juga termasuk ke dalam salah satu sholat sunnah yang paling utama dan yang paling dianjurkan untuk dikerjakan. Hal tersebut dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim berikut ini:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْـدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللهِ الْمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيْضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ.

Artinya: Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah (berpuasa pada) bulan Allah yang mulia (Muharram) dan shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam. (HR. Muslim)

Agar sholat tahajud yang kita amalkan dapat bernilai pahala dan sah di sisi Allah, sholat tahajud wajib diiringi dengan niat yang benar. Hukum menunaikan niat sholat tahajud dikutip buku Buku Panduan Sholat Lengkap (Wajib & Sunah), Saiful Hadi El Sutha (2012:50) bahwa niat termasuk rukun dalam sholat, sehingga hukum niat adalah wajib. Orang yang tidak berniat dalam sholat maka sholatnya tidak sah, baik itu sholat sunnah maupun wajib.
ADVERTISEMENT
Berikut ini adalah bacaan doa niat sholat tahajud yang dapat Anda amalkan:

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tahajjudi rak‘ataini lillaahi ta'ala.

Artinya: “Aku menyengaja sembahyang sunnah tahajud dua rakaat karena Allah SWT.”

Dengan mengetahui betapa utamanya menunaikan sholat tahajud dan juga pentingnya mengamalkan doa niat sholat tahajud dapat Anda jadikan motivasi untuk menunaikan sholat tahajud di setiap malam. (DAP)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020