Doa Shalat Istikharah, Lengkap Beserta Niat dan Tata Caranya

Konten dari Pengguna
24 Desember 2020 8:55
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Doa Shalat Istikharah, Lengkap Beserta Niat dan Tata Caranya (224143)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Doa Setelah Sholat Istikharah, Foto: Dok. pinterest.com
ADVERTISEMENT
Doa setelah sholat istikharah merupakan ibadah yang dilakukan untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT atas pilihan yang dihadapi. Dalam ajaran Islam, sejatinya manusia sebagai makhluk yang lemah harus senantiasa kembali kepada Tuhan-Nya dalam kondisi apapun, termasuk ketika sedang dilema menghadapi suatu pilihan.
ADVERTISEMENT
Rasulullah pun mengajarkan kepada para sahabatnya untuk melaksanakan sholat istikharah ketika sedang menghadapi pilihan ataupun perkara, sebagaimana diriwayatkan dalam hadits berikut:

Dari Jabir bin Abdullah RA, berkata “Rasulullah mengajarkan kepada kami cara mengerjakan sholat istikharah dalam segala urusan, sebagaimana Rasulullah mengajarkan kami surat Alquran”.

Niat Sholat Istikharah

Sama seperti sholat lainnya, sebelum mendirikan sholat istikharah terlebih dahulu mengucapkan niat. Berikut bacaan niat sholat istikharah beserta artinya.
أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى
Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa
Artinya: “Aku berniat melaksanakan sholat sunah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala”.

Tata Cara Sholat Istikharah

Sama seperti sholat sunah lainnya, berikut tata cara sholat istikharah.
  1. Membaca niat.
  1. Takbiratul ikhram.
  1. Membaca doa iftitah.
  2. Membaca surat Al Fatihah.
ADVERTISEMENT
  1. Membaca surat dari Alquran. Diutamakan membaca surat Al Kafirun di rakaat pertama, dan surat Al Ikhlas di rakaat kedua.
  1. Ruku.
  1. Itidal.
  2. Sujud pertama.
  1. Duduk diantara dua sujud.
  1. Sujud kedua.
  1. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua, lalu lakukan kembali dari tahapan kedua hingga kesepuluh.
  1. Duduk tahiyat akhir.
  1. Mengucapkan salam.

Doa Setelah Sholat Istikharah

Setelah melaksakan sholat istikharah, alangkah baiknya jika memanjatkan doa khusus dan meminta kepada Allah SWT agar diberikan pencerahan atas segala pilihan dan perkara yang terjadi. Berikut adalah bacaan doa setelah sholat istikharah.
اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ
ADVERTISEMENT
Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepadaMu dengan ilmu pengetahuanMu dan aku mohon kekuasaanMu (untuk mengatasi persoalanku) dengan kemahakuasaanMu.
Aku mohon kepadaMu sesuatu dari anugerahMu Yang Maha Agung, sesungguhnya Engkau Mahakuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib.
Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (orang yang mempunyai hajat hendaknya menyebut persoalannya) lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya terhadap diriku sukseskanlah untuk ku, mudahkan jalannya, kemudian berilah berkah.
Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, perekonomian dan akibatnya kepada diriku, maka singkirkan persoalan tersebut, dan jauhkan aku daripadanya, takdirkan kebaikan untuk ku di mana saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaanMu kepadaku.”
ADVERTISEMENT
(RYFA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020