Tekno & Sains
·
20 November 2020 20:18

Keutamaan Surat Al Kahfi yang Luar Biasa

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Keutamaan Surat Al Kahfi yang Luar Biasa (12180)
Surat Al Kahfi Foto: Lafalquran
Keutamaan surat Al Kahfi jika dibaca setiap hari bisa memberikan banyak manfaat. Bahkan Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk membaca surat Al Kahfi di hari Jumat atau malam Jumat. Selain baik dibaca saat hari Jumat, surat Al Kahfi juga bisa dibaca setiap hari. Ada banyak keutamaan jika membaca surat Al Kahfi, 3 di antaranya sebagai berikut.
ADVERTISEMENT

Keutamaan Surat Al Kahfi : Diterangi Cahaya Kebaikan

Keutamaan membaca surat Al Kahfi yaitu diterangi cahaya kebaikan. Sebuah hadist yang driwayatkan Abu Sa’id al-Khudri menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.”

Dijaga dari Gangguan Setan

Keutamaan yang didapatkan dari membaca surat Al Kahfi selanjutnya yaitu dijaga dari gangguan setan. Setan adalah musuh terbesar manusia yang selalu membawa keburukan. Sebagai manusia, kita harus selalu waspada agar tidak terperangkap dalam tipu daya setan. maka dari itu, dekatkan diri pada Allah dan memohon perlindungan-Nya agar terjaga dari gangguan setan.
Salah satu usaha mendekatkan diri pada Allah yaitu dengan selalu membaca surat Al Kahfi. Dalam sebuah hadit oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, menyatakan bahwa sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al Kahfi dan surat al Baqarah, maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut.
ADVERTISEMENT

Akan Mendapatkan Ridho dari Allah SWT

Keutamaan sering membaca Al Kahfi selanjutnya yaitu mendapatkan ridho dari Allah SWT. Dengan mendapatkan ridho dari Allah, maka hidup manusia menjadi tenteram dan damai. Diriwayatkan dalam sebuah hadist, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Siapa yang membaca surat Al Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya, maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.”
Surat Al Kahfi merupakan salah satu surat dalam Alquran yang terdiri dari 110 ayat. Terdapat banyak keutamaan surat Al Kahfi, 3 diantaranya yaitu diterangi cahaya kebaikan, dijaga dari gangguan setan, dan mendapat ridho Allah.(Anggi_
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white