News
·
28 Februari 2021 12:01

Kisah Nabi Ulul Azmi Tauladan untuk Umat Islam

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Kisah Nabi Ulul Azmi Tauladan untuk Umat Islam (233011)
searchPerbesar
Kisah nabi Ulul Azmi dalam Al-Qur'an. Foto: pixabay
Kisah nabi Ulul Azmi merupakan kisah nabi yang penting untuk diketahui bagi umat Islam dan menjadikannya tauladan yang baik.
ADVERTISEMENT
Ulul Azmi berasal dari bahasa Arab, di mana Ûlul maknanya yang mempunyai (Mahmud Yunus, Kamus Arab Indonesia tahun 2007) dan Azmi adalah yang memiliki kemauan teguh dan kuat. (Ahmad Warson Munawwir, Al Munawwir, Kamus Arab Indonesia), maka Ûlul Azmi adalah orang yang memiliki kemauan teguh dan kuat, dan lebih identik kepada kemauan yang baik.

Kisah Nabi Ulul Azmi

Menurut Mujahid (Kementerian Waqaf dan Urusan Keislaman, Al Mausûah Al Fiqhiyyah, 2001) terdapat pendapat yang mashyur di antara kaum muslimin bahwa disebut Ûlul Azmi ialah rasul yang tercantum dalam surat al Ahzab ayat 7,
Allah berfirman:
ٰ َى وس ُ م َ و َ يم ِ اى َ ر ْ ب ِ إ َ ُوٍح و ن ْ ن ِ م َ ْ َك و ن ِ م َ و ْ م ُ َه اق َ يث ِ َْي م ّْ ي ِ ب َّ الن َ ن ِ ا م َ ْذن َ ذْ أَخ ِ إ َ و ََ َي ْ ر َ ْنِ م ى اب َ يس عِ َ ۖ ا َ و ْذن َ أَخ َ و يظًا ِ ا غَل ً اق َ يث ِ م ْ م ُ ْه ن ِ م
ADVERTISEMENT
“Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari nabi-nabi dan dari kamu (sendiri) dari Nuh, Ibrahim, Musa dan Isa putra Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh”.
Dalam ayat di atas, secara tegas Allah sebutkan lima nama nabi, mereka adalah Nuh, Ibrahim, Musa, Nabi Isa dan Muhammad yang dikenal sebagai Ulul Azmi.
Berikut ini adalah kisah nabi ulul Azmi:
Nabi Nuh AS
Nabi Nuh diutus Allah untuk mengajak kaum Bani Rasib untun beriman kepada Allah. Namun kaum ini sangat bebal dan merupakan kaum penyembah berhala. Setelah bencana kekeringan selama 40 tahun yang membuat pertanian dan peternakan mereka hancur, Nabi Nuh diperintahkan Allah untuk membuat sebuah bahtera, dimana dirinya ditertawakan oleh kaum Bani Rasib. Benar saja, kemudian Allah emnurunkan becnana banjir bandang yang melenyabkan seluruh kaum yang ingkar kepada Allah tersebut.
ADVERTISEMENT
Nabi Ibrahim AS
Kepatuhan Nabi Ibrahim diuji oleh Allah saat beliau diperintahkan untuk mengurbankan anaknya sendiri, Ismail AS. Nabi Ibrahim patuh akan perintah Allah tersebut, dan saat akan menyembelih anak kesayangannya sendiri, Allah telah menggantikan nabi Ismail dengan seekor domba, yang menjadi dasar ajaran Kurban bagi umat Islam.
Nabi Musa AS
Kisah Nabi Musa yang sangat terkenal yaitu saat beliau menggunakan mu’jizatnya dengan membelah laut merah dan membuat Firaun dan pengikutnya yang mengejar nabi Musa musnah di dalamnya.
Nabi Isa AS
Nabi Isa sudah bisa berbicara dari bayi, dan dapat menyembuhkan orang buta. Beliau jugalah yang kelak akan turun ke dunia saat hari kiamat tiba.
Nabi Muhammad SAW
Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu pertama kali pada saat berumur 40 tahun melalui Malaikat Jibril, di Gua Hira. Melalui wahyu inilah Allah menurunkan Alquran kepada Nabi kita Muhammad SAW secara berangsur-angsur.
ADVERTISEMENT
Semoga berguna. (Adelliarosa)