Kisah Umar dengan Janda Tua Secara Singkat

Konten dari Pengguna
24 Agustus 2022 17:19
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kisah umar dengan Janda. Sumber: unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Kisah umar dengan Janda. Sumber: unsplash.com
ADVERTISEMENT
Dalam agama Islam, terdapat banyak sekali cerita bersejarah yang menarik untuk diketahui oleh umat muslim. Salah satunya adalah kisah Umar bin Khattab dengan seorang janda. Kisah ini terbilang cukup inspirasional sehingga dapat dibaca oleh umat muslim. Bagi Anda yang sedang mencari jawaban untuk pertanyaan ‘Ceritakan kembali secara singkat kisah Umar dengan janda tua!’, simak artikel ini sampai akhir, ya.
ADVERTISEMENT

Kisah Umar dengan Janda Tua Secara Singkat

Kisah umar dengan Janda. Sumber: unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Kisah umar dengan Janda. Sumber: unsplash.com
Berikut ini adalah jawaban dari pertanyaan ‘Ceritakan kembali secara singkat kisah Umar dengan janda tua!’ yang dikutip dari buku Memang Untuk Dibaca; 100 Kisah Islami Inspiratif Pembangun Jiwa karya Rian Hidayat (2018:220).

Pada suatu malam, Khalifah Umar bin Khattab sedang berjalan dan seketika mendengar suara anak-anak yang sedang menangis di dekat tenda yang sudah lusuh. Khalifah Umar bin Khattab kemudian mendekat dan bertanya kepada seorang ibu disana, "kenapa dengan anak-anak tersebut?".

Ternyata anak-anak tersebut menangis karena ibunya memasak terlalu lama dan mereka sudah kelaparan. Umar bin Khattab bertanya kepada ibu tersebut, apa yang sedang dimasak dan kenapa begitu lama sekali. Ibu tersebut membuka panci, dan ternyata isi pancinya hanya berisi air dan batu saja. Batu-batu yang dimasak itu hanya bertujuan untuk menghibur anak-anaknya, karena mereka sedang mengalami kesulitan ekonomi dan bahkan hidup tanpa suami (menjanda).

Ibu itu mengumpat kepada khalifah Umar yang tidak pernah memperhatikan rakyatnya yang miskin seperti dia. Akhirnya Umar pun seketika tercengang dan hatinya merasa sedih, beliau ikut menangis dan segera bergegas berlari pulang ke Madinah untuk mengambil gandum untuk diberikan anak-anak tersebut.

Umar kembali ke tenda ibu tersebut dan ikut membantu menyiapkan makanan kepada mereka. Umar kemudian mengajak mereka menemui khalifah keesokan harinya. Pada besoknya, ibu tersebut menemui Khalifah dan betapa kagetnya ibu itu ketika melihat sosok Khalifah, yang tidak lain adalah orang yang telah memasakkan makanan untuk dia dan anaknya. Mereka pun akhirnya mendapatkan santunan negara.

Kisah tersebut bisa dijadikan inspirasi atau contoh bagi semua orang yang akan ataupun telah menjadi seorang pemimpin. Bekerjalah untuk melayani rakyat. Sahabat Rasul telah mencontohkannya, bagaimana seorang pemimpin benar-benar secara tulus memperhatikan serta melayani rakyatnya dan selalu memastikan bahwa rakyatnya tidak lagi mengalami kesulitan yang sama.

ADVERTISEMENT
Demikian kisah Umar dengan janda tua dalam sejarah Islam. (Anne)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·