News
·
22 Maret 2021 19:31

Kultum Singkat Ramadhan: Pentingnya Memperbanyak Ibadah

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Kultum Singkat Ramadhan: Pentingnya Memperbanyak Ibadah (11664)
kultum singkat Ramadhan. Foto: dok Pexels
Kultum menjadi salah satu hal yang sangat lumrah dijumpai di bulan Ramadhan. Kultum singkat Ramadhan biasanya diperdengarkan dalam waktu yang relatif singkat dan juga berisi hal-hal penting yang bermanfaat bagi kehidupan. Untuk dapat mengetahuinya lebih dalam lagi, berikut ini adalah ulasan mengenai kultum singkat Ramadhan.
ADVERTISEMENT

Kultum Singkat Ramadhan Tentang Ibadah yang Dianjurkan Diamalkan

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya. kultum singkat Ramadhan biasanya menjadi hal yang diperdengarkan di waktu-waktu tertentu, misalnya sebelum adzan maghrib sambil menunggu waktu berpuasa atau sebelum menjalankan ibadah sholat tarawih. Kultum yang merupakan singkatan dari kuliah tujuh menit ini berisi tentang nasihat agama.
Biasanya dalam kultum yang diberikan oleh para da’i berisi tentang nasihat kebaikan yang bermanfaat bagi kehidupan. Dalam buku 212 Nasehat Hati yang ditulis oleh Rozi Ibnu Sahrowardi (2017:217) memaparkan bahwa nasehat adalah mengajak orang lain untuk melaksanakan sesuatu yang bermanfaat dan mencegahnya dari perbuatan yang mudharat atau merugikan sehingga menjerumuskan orang ke dalam neraka.
Kultum singkat Ramadhan biasanya berisi tak jauh dari pembahasan mengenai bulan Ramadhan. Dalam ulasan kali ini khususnya akan dibahas kultum singkat Ramadhan tentang pentingnya memperbanyak ibadah khususnya di bulan Ramadhan. Kita dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dalam bulan Ramadhan karena pada saat Ramadhan, rahmat dan berkah dari Allah akan diturunkan secara melimpah. Hal tersebut sesuai dengan hadis shahih berikut ini:
ADVERTISEMENT

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

Artinya: “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari dan Muslim)
ADVERTISEMENT
Dalam hadis tersebut dipaparkan secara jelas bahwa dalam bulan Ramadhan segala amalan baik kita akan mendapatkan pahala dan pahala yang kita dapatkan akan dilipat gandakan hingga tujuh ratus kali lipat bahkan hingga tak terhingga. Maka dari itu kita sangat dianjurkan untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan memperbanyak ibadah, mulai dari sholat sunnah, dzikir hingga membaca Alquran.
Pemaparan mengenai kultum singkat Ramadhan yang membahas tentang pentingnya meningkatkan ibadah tersebut dapat Anda jadikan materi tambahan untuk menyampaikan kultum saat dibutuhkan. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi pengingat kita untuk selalu istiqomah dan memperbanyak ibadah saat bulan Ramadhan. (DA/RA)