News
·
16 April 2021 19:33

Makna Nuzulul Quran Bagi Umat Muslim Untuk Meningkatkan Keimanan

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Makna Nuzulul Quran Bagi Umat Muslim Untuk Meningkatkan Keimanan (4208)
Ilustrasi peringatan nuzulul quran dengan beribadah. Sumber: Unsplash
Mengingat betapa pentingnya peranan Alquran sebagai pedoman hidup umat muslim, maka makna nuzulul quran juga tidak kalah istimewanya. Nuzulul quran merupakan sebutan bagi waktu pertama diturunkannya ayat suci Alquran ke muka bumi di malam bulan Ramadhan.
ADVERTISEMENT
Teori berlangsungnya nuzulul quran di malam Ramadhan itu sendiri pada dasarnya dapat dibuktikan lewat firman Allah SWT yang tertuang dalam penggalan surat Al Baqarah ayat 185 berikut:

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang yang hak dan yang bathil)….” (QS. Al Baqarah: 185)

Berdasarkan penggalan ayat tersebut, maka tujuan diturunkannya Alquran ke muka bumi itu sendiri ialah sebagai petunjuk bagi manusia serta sebagai pembeda antara yang hak (benar) dan yang bathil (salah). Di samping itu, Alquran juga berperan besar untuk menjadi sumber hukum serta tuntunan hidup umat manusia, terlebih bagi umat muslim agar dapat menjalankan kehidupan yang diridhoi oleh Allah SWT.
ADVERTISEMENT

Makna Nuzulul Quran Bagi Keimanan Umat Muslim

Meyakini bahwasanya alquran adalah kitab suci yang sengaja diturunkan Allah SWT sebagai petunjuk hidup bagi umat manusia termasuk kedalam rukun iman ketiga yang harus dipenuhi oleh umat muslim. Itu sebabnya makan nuzulul quran juga sangat besar.
Mengutip dari Aku Cinta Islam (A. Rofiq) (2016: 2), proses turunnya alquran atau nuzulul quran itu sendiri sebenarnya tidak terjadi secara langsung, namun terjadi dengan berangsur-angsur dalam kurun waktu sekitar 22 tahun, 22 bulan dan 22 hari. Hal tersebut pun semata-mata bertujuan untuk meneguhkan hati Rasulullah agar senantiasa mengingat ayat-ayat Alquran. Selain itu, hikmah lain dari turunnya alquran secara berangsur-angsur tersebut ialah agar ayat-ayat alquran tersebut dapat lebih mudah dimengerti dan diamalkan oleh para pengikut Rasulullah (umat muslim) nantinya.
ADVERTISEMENT
Sebagai seorang muslim, mengimani Alquran sebagai kitab suci yang berisi pedoman hidup umat manusia adalah sebuah kewajiban. Oleh sebab itu, kita perlu memaknai nuzulul quran sebagai peristiwa penting di mana pedoman hidup tersebut diturunkan oleh Allah SWT untuk pertamakalinya ke langit dunia ya! Semoga ulasan tadi dapat bermanfaat. (HAI)