News
·
2 Desember 2020 9:02

Manfaat Puasa Senin Kamis dan Hukumnya Bagi Umat Muslim

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Manfaat Puasa Senin Kamis dan Hukumnya Bagi Umat Muslim (47382)
Manfaat Puasa Senin Kamis, Foto: Dok. copemanhealthcare.com
Manfaat puasa senin kamis beserta hukumnya wajib diketahui oleh seluruh umat muslim. Hal ini karena puasa senin kamis adalah salah satu puasa sunah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Anjuran ini sebagaimana diriwayatkan dari Abi Hurairoh dalam hadits Turmudzi berikut:
ADVERTISEMENT
“Dari Abi Hurairoh R.A, dari Rasulullah SAW bersabda: Seluruh amal disetor pada hari senin dan kamis, maka aku lebih menyukai saat setor amal tersebut dalam keadaan berpuasa,” (HR. Turmudzi).
Adapun hukum untuk melaksanakan puasa senin kamis adalah sunah. Sunah yang dimaksud adalah jika puasa senin kamis dikerjakan, maka akan mendapatkan pahala. Namun jika tidak dilakukan, maka tidak akan berdosa karena bukan perkara wajib.
Tidak hanya untuk menambah pahala, nyatanya puasa senin kamis juga memiliki segudang manfaat, baik bagi dunia maupun akhirat. Berikut di antaranya:

1. Manfaat Puasa Senin Kamis Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Banyak penelitian yang mengemukakan bahwa puasa baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan puasa dinilai sebagai salah satu metode penyembuhan dari berbagai penyakit.
ADVERTISEMENT
Hal ini karena saat berpuasa, sistem pencernaan dapat beristirahat dan berdampak pada sistem tubuh lainnya yang akan bekerja lebih baik. Selain itu, tubuh juga akan terbersihkan dari berbagai jenis racun yang mengendap di dalam tubuh.

2. Meningkatkan Rasa Syukur

Dengan berpuasa, secara tidak langsung akan timbul rasa empati yang lebih tinggi terhadap orang lain, terutama kepada orang yang memiliki kondisi dibawah kita. Berpuasa juga dapat meningkatkan rasa syukur dan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

3. Melatih Emosi

Puasa nyatanya juga berdampak pada kestabilan emosi. Secara tidak sadar, puasa dapat membiasakan diri untuk selalu bersabar, mulai dari bersabar karena lapar dan haus, hingga bersabar karena banyak godaan yang dapat membatalkan puasa.
ADVERTISEMENT
Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah sebagai berikut:
“Segala sesuatu itu ada zakatnya, dan zakat bagi jiwa adalah berpuasa. Sedangkan puasa itu adalah separuh kesabaran,” (HR. Ibnu Majah).

4. Terhindar dari Dosa

Dengan melaksanakan puasa, maka kita dapat terhindarkan dari berbagai hal yang mengakibatkan dosa. Hal ini disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Baihaqi.
“Puasa adalah benteng yang menghalangi seseorang dari bara api neraka,” (HR. Ahmad dan Baihaqi).
(RYFA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white