News
·
30 November 2020 10:46

Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan (368910)
Illustrasi Manfaat Puasa Senin Kamis Untuk Kesehatan, Foto: Dok. freepik.com
Manfaat puasa senin kamis selain mendekatkan diri kepada Allah SWT, ternyata memiliki dampak baik bagi kesehatan. Ibadah sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah banyak dilakukan oleh umat muslim untuk mendapatkan keberkahan dari Sang Pencipta. Namun selain memperoleh keberkahan, puasa senin kamis sangat baik bagi kesehatan. Masih banyak umat muslim yang tidak mengetahui manfaat puasa senin kamis, padahal manfaatnya sangat besar.
ADVERTISEMENT
Lalu apa saja manfaat puasa senin kamis untuk kesehatan? Yuk simak artikel di bawah ini.

1. Mengeluarkan Racun

Manfaat yang pertama adalah membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh. Racun di dalam tubuh yang bercampur dengan lemak dan darah berasal dari makanan serta minuman. Saat seseorang berpuasa dan berhenti mengkonsumsi makanan serta minuman, racun akan keluar secara efektif. Racun dikeluarkan melalui keringat, buang air kecil, maupun buang air besar.

2. Mengurangi Kadar Lemak

Salah satu manfaat puasa untuk kesehatan adalah mengurangi kadar lemak di dalam tubuh. Saat berpuasa, tubuh menggunakan lemak sebagai salah satu sumber energi. Oleh karena itu, lemak berlebih akan berkurang dan terhindar dari penyakit seperti kolesterol.

3. Mengontrol Gula Darah

Saat berpuasa tubuh akan menghancurkan glukosa untuk mendapatkan energi. Proses tersebut juga mengurangi produksi insulin di dalam tubuh. Hasilnya gula darah dalam tubuh akan berkurang.
ADVERTISEMENT

4. Menurunkan Berat Badan

Selain mendapatkan pahala dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, puasa juga dapat menurunkan berat badan. Berpuasa akan melancarkan metabolisme dan efektif untuk membatasi kalori yang dikonsumsi dalam sehari. Melakukan puasa juga dapat membantu dalam menjaga jaringan otot agar tetap kuat.
Itulah manfaat puasa senin kamis untuk kesehatan. Manfaat kesehatan memang tidak bisa didapatkan secara instan. Namun dengan berpuasa senin kamis secara rutin dan mengkonsumsi makanan yang sehat, manfaat kesehatan tidak sulit untuk didapatkan.
(RYFA)