Materi UTBK Saintek 2022: TPS dan TKA

Konten dari Pengguna
13 Mei 2022 23:08
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Materi UTBK Saintek 2022: TPS dan TKA (21939)
zoom-in-whitePerbesar
Materi UTBK Saintek, Foto: Unsplash.
Untuk kamu yang ingin mendaftar perguruan tinggi sesuai dengan apa yang diimpikan, haruslah mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Apalagi untuk kamu yang ingin mengambil jurusan berbasis saintek. Kamu perlu mempersiapkan dengan matang dengan banyak latihan soal dan membaca. Apa saja materi UTBK saintek 2022 nanti?
ADVERTISEMENT
UTBK terdiri dari dua klaster yaitu saintek dan soshum. Klaster saintek diperuntukkan bagi yang mengambil jurusan kedokteran, farmasi, psikologi, tekhnik, informatika, geologi, kesehatan, masih banyak lagi. Sedangkan klaster soshum biasanya diperuntukkan bagi yang akan mengambil jurusan pendidikan, ilmu komunikasi, hukum, hubungan internasional, dan lain sebagainya.
Tahun ini pendaftaran UTBK sudah belangsung pada 23 Maret hingga 15 April 2022 yang lalu. Dan untuk pelaksanaan ujiannya sendiri pada tanggal 17 Mei sampai 23 Mei 2022 untuk gelombang 1. Gelombang 2 akan berlangsung pada 28 Mei 2022 hingga 03 Juni 2022.

Materi UTBK Saintek 2022

Dikutip dari buku Top One Terlengkap Bedah Kisi-kisi UTBK SBMPTN Saintek 2022 karya Tim Redaksi Bintang Wahyu (2022:46), Berikut adalah materi UTBK Saintek 2022 lengkap dengan TPS dan TKA yang bisa kamu pelajari:
ADVERTISEMENT

Materi Saintek UTBK TPS

Biasaya dalam TPS yang sering muncul adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis.
  1. Penalaran Umum. Mencakup struktur logika dan kemampuan penalaran seperti logika analitik, aritmatika, sebab-akibat, pola bilangan dan pola gambar.
  2. Pengetahuan dan Pemahaman Umum. Mencakup pemahaman terhadap suatu teks bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  3. Pemahaman Bacaan dan Menulis. Mencakup pemahaman terhadap teknik penulisan, pemahaman isi bacaan dan penalaran kebahasaan.
  4. Pengetahuan Kuantitatif. Mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar.
Materi UTBK Saintek 2022: TPS dan TKA (21940)
zoom-in-whitePerbesar
Materi UTBK Saintek 2022, Foto: Unsplash.

Materi Saintek UTBK TKA

Materi Saintek UTBK TKA terdiri dari Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi dengan alokasi waktu 195 menit. Perkiraan jumlah soal TKA dan persebaran materi UTBK Saintek 2022 yaitu:
Materi UTBK Saintek untuk Biologi yang sering keluar yaitu sel, jaringan, organ, struktur dan fungsi alat tubuh manusia, genetika dan mutasi. Materi Saintek UTBK dengan jumlah soal sedang yaitu metabolisme sel, ekologi, virus, monera, protista, fungi, bioteknologi. Materi Saintek UTBK dengan jumlah soal sedikit: plantae, animalia, asal usul kehidupan dan evolusi, pertumbuhan dan perkembangan, struktur, perkembangan tumbuhan, dan hewan, hereditas manusia, klasifikasi makhluk hidup, keanekaragaman makhluk hidup. Diperkirakan jumlah soal Biologi untuk setiap materi UTBK Saintek 2022 di atas berkisar antara 3 – 26 soal.
ADVERTISEMENT
Materi UTBK Saintek Kimia yang sering keluar yaitu Larutan, Stoikiometri, Kimia Organik. Materi Saintek UTBK dengan jumlah soal sedang: Elektrokimia, Ikatan Kimia, Termokimia, dan Kesetimbangan Kimia. Materi Saintek UTBK dengan jumlah soal sedikit: Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur, Laju Reaksi, Sifat Kologatif Larutan, dan Reaksi Redoks. Diperkirakan jumlah soal Kimia untuk setiap materi UTBK Saintek 2022 di atas berkisar antara 4 – 19 soal.
Materi UTBK Saintek Fisika yang sering keluar: listrik dan magnet, mekanika i, getaran dan gelombang, zat dan kalor, mekanika II. Materi Saintek UTBK dengan jumlah soal sedang: cahaya dan optik, dan fisika modern. Materi Saintek UTBK dengan jumlah soal sedikit: fluida dan gravitasi dan tata surya. Diperkirakan jumlah soal Fisika untuk setiap materi UTBK Saintek 2022 di atas berkisar antara 1 – 14 soal.
ADVERTISEMENT
Materi UTBK Saintek Matematika yang sering keluar: turunan, integral, trigonometri, teori peluang, limiat, polinomial, dan dimensi tiga. Materi Saintek UTBK dengan jumlah soal sedang: barisan dan deret, vektor, transformasi geometri, eksponen, bidang datar. Materi Saintek UTBK dengan jumlah soal sedikit: pertidaksamaan, logaritma, sistem persamaan, persamaan kuadrat, fungsi komposisi, fungsi kuadrat, matriks, matematika keuangan, irisan kerucut. Diperkirakan jumlah soal Matematika untuk setiap materi UTBK Saintek 2022 di atas berkisar antara 1 – 12 soal.
Itulah materi UTBK saintek yang bisa kamu pelajari untuk persiapan ujian. Kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar lulus di universitas dan jurusan yang kamu impikan. Ujian saintek sedikit lebih berat dibandingkan soshum, karena disini akan banyak berhitungnya daripada penalarannya.(UMI)
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020