Woman
·
14 Januari 2021 20:06

Mengapa Ada CV Taaruf Akhwat di Ajaran Islam?

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Mengapa Ada CV Taaruf Akhwat di Ajaran Islam? (237945)
Ilustrasi Membuat CV Taaruf. Sumber: Stanley Dai-Unsplash.com
CV taaruf akhwat merupakan salah satu alat pendukung dalam proses taaruf. Tujuan dari taaruf adalah untuk mengajarkan umat muslim untuk saling mengenal sebelum menikah sebab di dalam ajaran Islam tidak ada pacaran. Pacaran akan membawa dosa zina dan berbagai mudarat atau sesuatu yang merugikan.
ADVERTISEMENT

Fungsi CV Taaruf Akhwat

Jika beberapa orang memiliki alasan pacaran adalah cara untuk mengenal calon pasangan hidup sebelum ke jenjang yang serius dan beranggapan taaruf bagaikan membeli kucing dalam karung, sebenarnya tidak. Di sinilah salah satu fungsi adanya CV bagi laku-laki dan perempuan yang ingin menikah.
Namun, perlu diketahui bahwa taaruf berbeda dengan khitbah. Dilansir dari Umroh.com, taaruf adalah tahap awal sebelum seseorang menjalani proses khitbah dan nadhor. Sedangkan khitbah itu sendiri dilakukan setelah taaruf yang merupakan proses lamaran atau pinangan. Jadi, bagi Anda yang akan melaksanakan proses taaruf persiapkanlah CV sebaik-baiknya.

Unsur-Unsur yang Harus Ada di CV Taaruf Akhwat

Penulisan CV untuk keperluan taaruf tentu berbeda dengan CV lamaran kerja. Pasalnya, CV untuk taaruf ini harus mempertimbangkan beragam aspek selain identitas dan pendidikan. Yuk, kenali unsur-unsur dalam CV untuk taaruf di bawah ini yang dilansir dari Temanshalih.com!
ADVERTISEMENT
  1. Profil: Nama lengkap, Nomor telepon, Manhaj, Anak ke, Alamat tinggal, Provinsi, Kota kelahiran, Status nikah, Suku;
  2. Gambaran Fisik: Bentuk Fisik, Warna Kulit, Tipe Rambut, Warna Rambut, Warna Mata, Cacat Fisik (apabila ada), Tinggi Badan, Berat Badan, Olahraga Digemari, Riwayat Penyakit, Ciri Khas / Tanda Lahir;
  3. Latar Pendidikan;
  4. Gambaran Pribadi: Moto, Target Hidup, Hobi, Kegiatan Diwaktu Luang, Hal Disukai, Sifat Positif, Sifat Negatif;
  5. Pengalaman Pekerjaan dan-atu Organisasi;
  6. Persiapan Pernikahan: Persiapan Finansial, Jangka Waktu yang Dibutuhkan Sebelum Menikah, Visi & Misi pernikahan, Ilmu Mengenai Pernikahan;
  7. Kriteria Pasangan: Kriteria Fisik (Bentuk Fisik, Warna Kulit, Tipe Rambut, Warna Rambut, Warna Mata, Cacat Fisik (menerima cacat fisik atau tidak), Tinggi Badan, Berat Badan, Riwayat Penyakit, Ciri Khas / Tanda Lahir) dan Kriteria Non-Fisik (Usia, Domisili, Suku (dapat ditulis “Suku: Tidak Membatasi”), Pendidikan, Status Pernikahan (dapat ditulis “Status Pernikahan: Belum Pernah Menikah.”), Sifat, Lain-Lain (dapat ditulis “Lain-Lain: Tidak Suka dengan Lelaki Perokok”));
  8. Harapan-Harapan: Sumber Dana Acara Pernikahan, Gambaran Acara Pernikahan, Keturunan dan Pendidikan Anak, Target Jangka Pendek, serta Target Jangka Panjang.
ADVERTISEMENT
Semoga informasi CV taaruf akhwat ini bermanfaat bagi Anda yang akan melaksanakan taaruf, ya! (AG)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white