News
·
17 April 2021 9:16

Naskah Khutbah Ramadhan Tentang Keutamaan Sholat Tarawih

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Naskah Khutbah Ramadhan Tentang Keutamaan Sholat Tarawih (434857)
Ilustrasi ibadah Ramadhan. Sumber: Unsplash.com
Naskah Khutbah Ramadhan bisa dibuat dengan materi yang sesuai dengan momen saat ini. Mengingat bulan ini adalah bulan suci Ramadhan, Anda bisa mengetahui lebih dalam tentang keutamaan sholat Tarawih.
ADVERTISEMENT
Khutbah Jumat pertama di bulan Ramadhan ini jatuh pada 16 April 2021, bagi setiap laki-laki muslim diwajibkan untuk mengikuti sholat Jumat dan mendengarkan khutbah di masjid.
Khutbah sendiri memiliki tujuan sebagai pengingat kepada Allah SWT, penambah pengetahuan, dan dapat memperbaiki amal serta moral. Untuk itu saat khutbah kita harus memperhatikan apa yang telah disampaikan khatib.

Naskah Khutbah Ramadhan Kuatkan Iman Rajin Sholat Tarawih

Sebagai seorang muslim, kita harus menambah ilmu agama dengan banyak membaca dan mendengarkan kajian termasuk salah satunya adalah khutbah di hari Jumat.
Berikut adalah contoh naskah khutbah Ramadhan tentang keutamaan sholat tarawih yang dilansir dari buku “Shalatul Mu’min, Buku Induk Sholat” oleh Kasimun (2019).
Hadirin jamaah sholat Jumat rahimakumullah, hari ini kita harus banyak bersyukur karena dapat melaksanakan sholat Jumat pertama di bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah.
ADVERTISEMENT
Bulan ini adalah bulan berharga yang sayang untuk dilewatkan. Jangan sampai waktu kita sia-sia karena tidak menjemput banyak berkah dengan amalan-amalan.
Ramadhan kali ini adalah kesempatan emas bagi umat muslim untuk lebih meningkatkan ketakwaan. Salah satunya adalah dengan mengetahui keutamaan yang didapat apabila rajin sholat Tarawih.
Sholat Tarawih dinamakan Tarawih karena Rasulullah dan para sahabatnya bisa beristirahat atau rehat setiap salamnya. Perlu diketahui tata cara dan bilangan rakaatnya sama dengan shalat Tahajjud yaitu delapan rakaat ditambah tiga sholat Witir.
Beberapa ulama juga mengajarkan untuk sholat Tarawih 21 rakaat dengan tiga sholat witir. Untuk perbedaan rakaat, Anda bisa melakukannya sebelas rakaat dengan membaca surat Alquran yang panjang, namun 21 rakaat biasanya dibaca dengan surat yang lebih pendek. Begitulah yang dilakukan oleh baginda Rasulullah.
ADVERTISEMENT
Meski hukum sholat Tarawih adalah sunnah muakkad. Sholat ini disunnahkan oleh Nabi Muhammad, sebagaimana disebutkan hadist yang diriwayatkan Abu Hurairah ia berkata “Rasulullah sangat menganjurkan untuk melaksanakan qiyamu Ramadhan (sholat Tarawih) dengan bentuk perintah yang tidak keras”.
Beberapa keutamaan sholat Tarawih juga telah dijelaskan dalam hadist Nabi yang shahih, yakni diriwayatkan Abu Hurairah.
Nabi bersabda “Barang siapa yang melaksanakan sholat Tarawih pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap rida dan pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni-Nya.” (HR. Bukhari Muslim)
Karenanya jika seorang muslim mengerjakan dengan dilandasi keyakinan penuh bahwa sholat tersebut merupakan ibadah yang benar-benar dianjurkan maka Allah akan menggantinya dengan banyak pahala.
Hadirin rahimakullah, demikian keutamaan sholat Tarawih yang paling utama, hendaknya masing-masing diri kita dapat menjalankan ibadah pada bulan Ramadhan dengan taat dan konsisten.
ADVERTISEMENT
Marilah kita raih keutamaan-keutamaan bulan ini dengan memperbanyak doa dan memohon ampun atas dosa-dosa kita selama ini kepada Allah SWT.
Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam menjelaskan bahwa ketika bulan Ramdhan pintu rahmat dan pintu surga dibuka selebar-lebarnya, pintu nereka ditutup dan para setan dibelenggu.
Mudah-mudahkan Allah menjadi kita hamba-Nya yang pandai bersyukur atas nikmatnya dengan selalu diberikan kemudahan berpuasa. Dimudahkan pula melakukan ibadah lainnya dengan hati ikhlas.
Hadirin yang dirahmati Allah, demikian khutbah Jumat pada hari ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua, Aamiin. (AA)