News
·
5 November 2020 9:21

Niat Puasa Senin Kamis dan Hal-hal yang Membatalkannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Niat Puasa Senin Kamis dan Hal-hal yang Membatalkannya (554508)
Ilustrasi Puasa Foto: Dok. Thinkstock
Niat puasa Senin Kamis memberikan banyak manfaat dan pahala bagi orang yang melakukannya. Sesuai dengan namanya, puasa ini hanya dapat dilakukan pada hari Senin dan Kamis saja. Puasa Senin Kamis termasuk salah satu ibadah sunnah yang sering kali dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.
ADVERTISEMENT
Jika kamu ingin menunaikan ibadah puasa Senin Kamis, berikut adalah niat dan beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar tidak membatalkan ibadah puasamu.

Niat Puasa Senin Kamis dan Artinya

Niat puasa Senin Kamis dibagi menjadi dua sesuai dengan hari dilaksanakannya puasa tersebut. Niat puasa Senin Kamis sedikit berbeda dengan niat puasa Ramadhan yang biasa dibaca ketka malam hari, niat ini boleh dibaca pada sepanjang hari Senin dan Kamis selama belum makan, minum, atau melakukan hal-hal yang membatalkan puasa.

Doa Niat Puasa Hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa
Artinya: "Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala,"

Doa Niat Puasa Hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
ADVERTISEMENT
Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa
Artinya: “Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala,"

Hal-hal yang Membatalkan Puasa Senin Kamis

Setelah mengetahui bagaimana bacaan niat Puasa Senin Kamis, tidak ada salahnya jika kamu mengetahui lebih dalam hal apa saja yang dapat membatalkan puasa sunnah tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang membatalkan Puasa Senin Kamis:

1. Makan dan minum dengan sengaja

Sama seperti puasa Ramadhan, makan dan minum juga dilarang ketika melakukan puasa Senin Kamis karena hal ini akan membatalkan puasa seseorang. Namun jika seseorang lupa dalam melakukannya, maka tidak membatalkan puasa. Seperti diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW, “Siapa yang lupa keadaannya sedang berpuasa, kemudian ia makan dan minum, maka hendaklah ia menyempurnakan puasanya, karena sesungguhnya Allah-lah yang memberikan makanan dan minuman itu.” (H.R. al-Bukhari 1797 dan Muslim 1952)
ADVERTISEMENT

2. Haid/ Nifas

Bagi perempuan yang mengalami haid/ nifas saat sedang menjalankan ibadah puasa Senin Kamis maka puasa tersebut batal dan dapat menggantinya di hari lain.

3. Berhubungan Badan

Sepasang suami istri yang melakukan hubungan badan ketika sedang berpuasa di siang hari maka puasanya batal. Namun jika hubungan badan dilakukan ketika malam hari atau saat sudah berbuka maka tidak membatalkan puasanya.

4. Muntah dengan Sengaja

Seseorang yang sengaja memuntahkan makanan dan minuman yang ada di dalam perutnya, maka puasanya batal. Hal ini diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW “Siapa yang tidak sengaja muntah, maka ia tidak diwajibkan untuk mengganti puasanya, dan siapa yang sengaja muntah maka ia wajib mengganti puasanya.” (H.R. al-Tirmidzi 653 dan Ibn Majah 1666).
ADVERTISEMENT

5. Hilang Akal

Jika seseorang mengalami gangguan kejiwaan atau hilang akal secara tiba-tiba ketika sedang berpuasa, maka puasanya batal. Puasa hanya diwajibkan untuk umat Muslim yang baligh, berakal sehat, dan tidak memiliki halangan.

6. Mengeluarkan Air Mani dengan Sengaja

Seseorang yang dengan sengaja mengeluarkan air mani (ejakulasi) karena sentuhan kulit, walaupun tanpa melakukan hubungan badan maka puasanya batal. Namun jika tidak disengaja, misalnya karena mimpi basah, maka puasa dihitung tidak batal.

7. Murtad

Seseorang yang keluar dari Islam secara sadar, maka puasanya batal.
Itulah bacaan niat Puasa Senin Kamis serta beberapa hal yang dapat membatalkannya. Yuk, rutinkan amalan ini!(RYFA)