News
·
13 Juni 2021 10:24
·
waktu baca 1 menit

Pengertian dan Contoh Latar Belakang Masalah

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Pengertian dan Contoh Latar Belakang Masalah (124065)
searchPerbesar
Ilustrasi Contoh Latar Belakang. (Foto: https://pixabay.com)
Memasuki penghujung semester genap, mahasiswa disibukkan dengan mencicil tugas akhir sebagai syarat kelulusan. Namun, ketika menulis laporan tugas akhir, mahasiswa sering kali sulit untuk memulai menulis bagian latar belakang.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Metodologi Penelitian Karya Ilmiah yang ditulis oleh Nuria Reny Hariyati (2020: 19), pengertian latar belakang masalah penelitian adalah penjelasan yang lengkap mengenai apa (what) topik penelitian (subject area) penelitian dan masalah penelitian, serta mengapa (why) penelitian tersebut dilakukan.
Tulisan penelitian yang baik dapat dilihat pada bagian latar belakangnya. Salah satu ciri tulisan yang baik adalah orang lain dapat memahami mengenai penelitian yang akan kita lakukan dari bagian latar belakang masalah.
Untuk membuat latar belakang masalah yang baik, tulisah harus memuat 6 hal berikut:
  1. Obyek penelitian
  2. Metode-metode yang ada terkait obyek penelitian
  3. Kelebihan dan kelemahan masing-masing metode
  4. Masalah pada metode yang dipilih
  5. Rencana pemecahan masalah
  6. Rangkuman tujuan penelitian.

Contoh Latar Belakang

Berikut contoh latar belakang yang dikutip dari Buku Hasil Kuliah Online Metode Penelitian Hadis: Masa Work From Home Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang dituli oleh Wahyudin Darmalaksana (2020: 16).
Pengertian dan Contoh Latar Belakang Masalah (124066)
searchPerbesar
Contoh Latar Belakang. (Foto: Wahyudin 2020)
Uraian pada latar belakang harus didukung atau disertai dengan fakta-fakta empiris supaya masalah yang akan diteliti dapat tepat menjelaskan. Semoga informasi ini bermanfaat! (CHL)
ADVERTISEMENT