Pengertian Literasi Digital Lengkap dengan Manfaatnya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
23 Oktober 2023 18:04 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pengertian Literasi Digital. Foto: dok. Unsplash/Kaitlyn Baker
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pengertian Literasi Digital. Foto: dok. Unsplash/Kaitlyn Baker
ADVERTISEMENT
Pengertian literasi digital merupakan salah satu hal penting yang menarik untuk dipahami. Istilah literasi digital tersebut sering kali digunakan dan diperdengarkan seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi informasi.
ADVERTISEMENT
Berkembangnya literasi digital di tengah masyarakat umum, tentu memberikan manfaat khusus. Salah satunya adalah berkurangnya jumlah penyebaran berita palsu atau berita hoaks di tengah masyarakat.

Penjelasan Pengertian Literasi Digital Lengkap

Ilustrasi Pengertian Literasi Digital. Foto: dok. Unsplash/Christin Hume
Literasi digital adalah salah satu istilah yang berkaitan dengan pengetahuan tentang dunia digital, seperti cara mengoperasikan teknologi, mengelola teknologi, dan masih banyak lagi lainnya.
Pembahasan mengenai pengertian literasi digital selengkapnya dibahas dalam buku berjudul Literasi ICT dan Media Pembelajaran, Mustakim, Arief Aulia Rahman, Rici Oktari, Moh. Safii, Nining Syafitri, Roswati, Abdul Kadir Ahmad, Jihan Hidayah Putri, Ita Yulaida, Nafilatur Rohmah (2023: 5).
Dikutip dari buku tersebut, literasi digital adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan efisien. Literasi digital mengacu pada kemampuan individu untuk memahami, mengevaluasi, dan menggunakan informasi yang ditemukan di lingkungan digital.
ADVERTISEMENT
Literasi digital juga mencakup tentang bagaimana menghasilkan, mengelola, menyebarkan informasi secara online, hingga pengetahuan terkait etika dan tanggung jawab dalam menggunakan teknologi digital.

Manfaat Literasi Digital bagi Masyarakat Umum

Ilustrasi Pengertian Literasi Digital. Foto: dok. Unsplash/Fabian Irsara
Mengutip buku berjudul Pendidikan Literasi: Memenuhi Kecakapan Abad 21, Dr. Dian Aswita, S.Pd., M.Pd., ‎Dr. Nurmawati, M.Pd., ‎Dr. Salamia, M.Si. (2022: 66), literasi digital dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Berikut ini adalah beberapa manfaat literasi digital secara umum.
ADVERTISEMENT
Untuk dapat membangun budaya literasi digital, dibutuhkan keterlibatan dan peran aktif setiap individu yang ada dalam masyarakat.
Maka dari itu, setiap masyarakat perlu ikut berpartisipasi aktif untuk membantu agar tingkat literasi digital dalam masyarakat umum dapat terus meningkat.
Demikian pembahasan mengenai literasi digital yang disajikan lengkap dengan manfaatnya. Semoga bermanfaat untuk memperluas wawasan terkait literasi digital. (DAP)