News
·
8 Juni 2021 18:10
·
waktu baca 1 menit

Pengertian Shodaqoh dan Sumber Dalilnya Lengkap

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Pengertian Shodaqoh dan Sumber Dalilnya Lengkap (165859)
searchPerbesar
Ilustrasi memberi sedekah pada fakir miskin. Sumber: Unsplash
Mengeluarkan sedekah atau shodaqoh merupakan bagian dari ibadah yang perlu dikerjakan umat muslim. Adapun pengertian shodaqoh secara umum ialah memberikan sebagai harta kita untuk orang-orang yang membutuhkan.
ADVERTISEMENT
Melansir dari keterangan di laman resmi https://bdkpalembang.kemenag.go.id/ (diakses pada 8/6/21), pengertian shodaqoh juga dapat diartikan sebagai amalan dengan memberikan sesuatu seperti harta/hal lain kepada orang lain tanpa mengharapkan imbalan melainkan hanya mengharapkan pahala dari Allah SWT.

Pengertian Shodaqoh dan Sumber Dalilnya

Menurut sumber lainnya, yakni dari buku Fiqh Islam, Sulaiman Rasjid (2019: 218), pengertian shodaqoh atau sedekah sunnah juga dapat diartikan sebagai bentuk harta yang dikeluarkan oleh orang-orang di jalan Allah seperti halnya memberikan harta kepada fakir miskin tanpa mengaharapkan timbal balik ataupun dilakukan secara suka rela.
Sebagai bagian daripada amalan yang dianjurkan, mengeluarkan shodaqoh sesuai sunnah rasulullah tentu memiliki banyak keutamaan, yakni mampu mendatangkan banyak pahala dari Allah. Pernyataan ini sendiri serupa dengan isi firman Allah SWT dalam surat Al Baqarah ayat 261 dengan terjemahan sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah mahaluas (karunia-Nya) lagi maha mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 261).
Berdasarkan isi firman tersebut, maka barang siapa mengeluarkan shodaqoh dengan mengharapkan pahala dari Allah, maka kelak ia akan diberikan ganjaran yang berlipat ganda. Oleh karena itu, ada baiknya jika setiap umat muslim mengamalkan ibadah tersebut.
Shodaqoh sendiri pada dasarnya dapat dilakukan kapan saja, namun adapula hari-hari tertentu di mana umat muslim sangat dianjurkan untuk bershodaqoh sepertihalnya saat hari raya ataupun saat menjalankan puasa Ramadhan. Telah disebutkan dalam sebuah hadist bahwasanya Rasulullah menyebut “Sedekah yang paling baik ialah sedekah pada bulan Ramadhan.” (HR. Tirmidzi). (HAI)