Penjelasan Apa Itu VAR dalam Sepak Bola

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
1 Mei 2024 19:03 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi untuk apa itu VAR dalam sepak bola. Sumber: pexels.com/Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi untuk apa itu VAR dalam sepak bola. Sumber: pexels.com/Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apa itu VAR dalam sepak bola? VAR adalah singkatan dari Video Assistant Referee. VAR membantu wasit meninjau ulang insiden yang terjadi dalam suatu pertandingan. Teknologi ini telah digunakan dalam berbagai pertandingan sepak bola.
ADVERTISEMENT
Wasit bertugas untuk mengatur jalannya pertandingan olahraga. Seiring dengan perkembangan zaman, wasit juga menggunakan bantuan teknologi untuk mengawasi pertandingan. Salah satu bentuk teknologi itu adalah VAR.

Apa itu VAR dalam Sepak Bola?

Ilustrasi untuk apa itu VAR dalam sepakbola? Sumber: pexels.com/Omar Ramadan
Apa itu VAR dalam sepakbola? Menurut buku Teknologi Olahraga (Perkembangan Olahraga Era Millenial 4.0) oleh Bayu Agung Purnomo, S.Pd., M.Kes., Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., dan Hijrin Fithroni, S.Or., M.Pd. (2019: 72), VAR atau Video Assistant Referee adalah teknologi yang digunakan untuk membantu asisten wasit dalam meninjau ulang keputusan wasit kepala (referee) dengan melihat rekaman video instan.
VAR disetujui penggunaannya pada bulan Maret 2016 oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) dan telah diujicobakan dalam berbagai turnamen. VAR kemudian digunakan dalam pertandingan Piala Dunia FIFA 2018 di Rusia dan diperkenalkan pada babak perempat final AFC Asian Cup 2019 di Uni Emirat Arab.
ADVERTISEMENT
peran VAR adalah untuk membantu wasit dalam meninjau ulang peristiwa pelanggaran yang terjadi dalam penentuan keputusan pelanggar. Penunjauan tersebut meliputi keputusan sebagai berikut:

1. Gol atau Tidak Gol

Peran VAR adalah membantu wasit untuk menentukan apakah ada pelanggaran yang berarti suatu gol tidak boleh diberikan. Karena bola telah melewati garis, permainan terputus sehingga tidak ada dampak langsung pada permainan.

2. Pinalti

Peran dari VAR adalah untuk memastikan tidak ada kesalahan yang jelas berhubungan dengan diberikannya atau tidak diberikannya tendangan pernalti dalam pertandingan.

3. Kartu Merah Langsung

VAR berperan untuk memastikan tidak ada kesalahan yang jelas sehubungan dengan diberikannya atau tidak diberikannya kartu merah pada pemain.

4. Mengenali Identitas Pemain

Dalam pertandingan, wasit kadang memperingatkan atau mengeluarkan pemain yang salah. Wasit juga kadang merasa tidak yakin pemain mana yang harus dikenai sanksi karena membuat pelanggaran. Peran VAR adalah untuk memberi tahu wasit pemain yang tepat sehingga dapat didisiplinkan atau diberi sanksi.
ADVERTISEMENT
Itulah penjelasan mengenai apa itu VAR dalam sepak bola. VAR berperan untuk membantu wasit dalam meninjau peristiwa yang terjadi dalam pertandingan sehingga dapat membuat keputusan yang tepat.(IND)