Tekno & Sains
·
14 Januari 2021 13:56

Penulisan Daftar Pustaka yang Wajib Diketahui untuk Menyusun Tugas Akhir

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Penulisan Daftar Pustaka yang Wajib Diketahui untuk Menyusun Tugas Akhir (312048)
Ilustrasi Penulisan Daftar Pustaka sumber: Daftar Pustaka Org
Penulisan daftar pustaka merupakan satu elemen yang sangat penting dalam penulisan karya tulis, termasuk tugas kuliah, tugas akhir semester, sampai penyusunan skripsi.
ADVERTISEMENT
Lantas, adakah pedoman untuk penulisan daftar pustaka? Simak ulasannya di sini ya!

Cara Penulisan Daftar Pustaka untuk Menyusun Tugas Akhir

Daftar pustaka merupakan daftar yang berisi sumber atau rujukan referensi yang digunakan oleh penyusun karya tulis sebagai landasan teori, dan memiliki tujuan sebagai petunjuk untuk mengetahui kebenaran data yang digunakan.
Dengan adanya daftar pustaka, maka suatu karya tulis bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya dan bukanlah suatu karya tulis abal-abal yang ditulis tanpa menggunakan sumber referensi yang kredibel dan diakui kebenarannya. Sumber dari daftar pustaka bisa berupa buku, jurnal penelitian, sampai website yang kredibel.
Dalam penulisan daftar pustaka juga tak bisa sembarangan, ada pedoman yang harus diikuti untuk menuliskan daftar pustaka dalam suatu karya ilmiah. Umumnya penulisan daftar pustaka ditulis urut sesuai abjad yang terdiri dari:
ADVERTISEMENT
  1. Nama penulis
  2. Tahun terbit
  3. Judul buku / referensi
  4. Tempat terbit
  5. Nama penerbit
Untuk penulisan daftar pustaka, perhatikan pedomannya sebagai berikut:
  1. Nama penulis dengan dua kata atau lebih, ditulis dengan urutan yang dibalik, dimana nama belakang ditulis terlebih dahulu, kemudian baru nama depan yang diberi pemisah dengan tanda koma (,).
Contoh: Nama penulis, John Anderson, maka penulisannya menjadi Anderson, John.
  1. Jika penulis sumber terdiri dari dua orang, yang dibalik hanya nama yang pertama, nama penulis yang kedua tidak dibalik dan dihubungkan dengan kata “dan”.
Contoh: Nama penulisnya adalah John Anderson dan Louie Frank, maka penulisannya menjadi Anderson, John dan Louie Frank.
  1. Jika penulisnya tiga orang atau lebih maka penulisannya adalah nama penulis pertama dibalik, penulis 2 dan selanjutnya disingkat menjadi dkk (dan kawan-kawan).
ADVERTISEMENT
Contoh, misalnya buku yang digunakan sebagai referensi karya tulis berjudul Akulturasi Budaya dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Masyarakat Modern, ditulis oleh Setiyono Sumarjo dan Ramos Miguel, terbit tahun 1995 oleh Grasindo di Jakarta, maka penulisan daftar pustakanya menjadi:
Sumarjo, Setiyono dan Ramos Miguel. 1995. Akulturasi Budaya dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Masyarakat Modern. Jakarta: Grasindo.
Tidak sulit bukan untuk penulisan daftar pustaka setelah membaca pedomannya di atas? Semoga bermanfaat ya. (Adelliarosa)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white