Mom
·
8 Januari 2021 12:33

Stunting Artinya Gagal Tumbuh, Apa Saja Dampaknya?

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Stunting Artinya Gagal Tumbuh, Apa Saja Dampaknya? (62230)
Stunting artinya gagal tumbuh sumber foto: WeCare
Stunting artinya ialah gagal tumbuh pada anak yang menyebabkan terjadinya kekerdilan, atau badan anak yang pendek dan tak sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh WHO.
ADVERTISEMENT
Stunting disebabkan oleh berbagai faktor, namun yang paling utama adalah kekurangan gizi kronis pada 1000 hari pertama kehidupan seorang anak. Kurangnya edukasi mengenai pentingnya gizi yang memadai bagi anak di bawah 3 tahun dan terbatasnya akses makanan bergizi karena faktor ekonomi juga merupakan penyebab stunting pada umumnya.

Anak yang Terkena Stunting Artinya Tak Bisa Tumbuh dengan Optimal

Terkena stunting, anak tak bisa meraih masa depan dengan optimal karena stunting tak hanya berdampak pada tinggi tubuh yang kurang memadai saja. Terdapat pula dampak lain dari stunting yang sangat mempengaruhi masa depannya kelak, antara lain:
  1. Perkembangan kognitif yang tak optimal: ukuran lingkar kepala anak yang terkena stunting jika dibandingkan dengan anak yang tumbuh dengan normal berbeda, dan cenderung lebih kecil. Karenanya, kemampuan kognitif yang berhubungan dengan kemampuannya dalam belajar, bahkan juga mempengaruhi gerak motoriknya.
  2. Lebih rentan terkena penyakit degeneratif: penyakit degeneratif adalah penyakit yang bisa muncul seiring dengan usia, menurut studi WHO, anak yang terkena stunting akan lebih rentan terkena obesitas dan diabetes dibandingkan dengan anak yang bertumbuh secara optimal.
  3. Lebih terbatas di bidang olahraga: karena pertumbuhan fisik yang kurang optimal, anak yang terkena stunting bisa mengalami masalah dalam olahraga, sehingga membuatnya lebih terbatas dalam menggapai prestasi di bidang yang melibatkan fisik.
ADVERTISEMENT
Anak yang terkena stunting artinya masa depannya bisa terganggu dan kurang optimal, untuk itu penuhi dengan maksimal kebutuhan gizi hariannya, terutama di 1000 hari pertama kelahirannya, dan jangan lupa untuk memberikan imunisasi demi melindunginya dari virus dan penyakit yang bisa mengancam kesehatannya.
Semoga bermanfaat. (adelliarosa)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white