News
·
19 April 2021 9:23

Syarat Sah Puasa Ramadhan untuk Kelancaran Beribadah

Konten ini diproduksi oleh Berita Terkini
Syarat Sah Puasa Ramadhan untuk Kelancaran Beribadah (103154)
searchPerbesar
Ilustrasi syarat sahnya puasa yang diatur dalam Al-Qur'an, sumber foto : https://www.pexels.com/
Agar puasa Ramadhan berjalan lancar, umat muslim perlu memahami syarat-syarat puasa, yang menjadi dua yaitu syarat wajib dan syarat sah. Syarat-syarat tersebut harus terpenuhi agar ibadah puasa Ramadhan dapat diterima oleh Allah SWT.
ADVERTISEMENT
Syarat sah puasa adalah syarat yang harus dipenuhi oleh seorang muslim agar ibadah puasanya sah dan diterima Allah SWT. Bila ada salah satu syarat sah puasa Ramadhan yang tidak terpenuhi maka ibadah puasanya tidak sah.

Syarat Sah Puasa Ramadhan

Ada empat syarat sah puasa Ramadhan yang telah ditetapkan ulama fikih dikutip dari buku Ramadhan-Rembulan yang Dirindu, Muhammad Muhsin Muiz (75:2015). Syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut:
1. Bergama Islam
Orang yang berpuasa harus beragama Islam, jika bukan beragama Islam maka puasanya tidak akan sah. Karena puasa adalah ibadah yang masuk dalam rukun Islam seperti pada hadist riwayat Imam Turmudzi dan Imam Muslim:
2. Berakal
Syarat sah puasa berikutnya adalah memiliki akal atau tidak gila. Tidak berakal disini bisa berarti cacat mental atau bisa disebabkan mabuk dan tidak diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa namun wajib menggantinya di kemudian hari.
ADVERTISEMENT
3. Suci dari haid dan nifas
Syarat sah berikutnya adalah suci dari haid dan nifas. Bagi perempuan muslim yang sedang haid maupun nifas maka tidak sah jika berpuasa. Namun, wajib mengganti puasa yang ditinggalkan di hari berikutnya jika sudah dalam keadaan suci.
4. Memasuki waktu untuk berpuasa
Syarat sah puasa Ramadhan terakhir adalah memasuki waktu untuk berpuasa. Puasa Ramadhan akan sah bila sudah memasuki tanggal 1 Ramadhan. Untuk mengetahui awal bulan Ramadhan bisa dilakukan dengan cara melihat hilal secara langsung dan dari saksi yang dapat dipercaya. Namun, bila hilal tidak terlihat maka dapat menentukan bulan Ramadhan dengan menghitung bulan Syaban menjadi 30 hari.
Demikian informasi mengenai syarat sah puasa Ramadhan yang harus dipenuhi umat muslim agar puasa Ramadhan yang dikerjakan dapat diterima oleh Allah SWT. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua. (WS)
ADVERTISEMENT