kumparan
9 April 2019 15:43

Fakta Jelang 8 Besar Liga Champions, Liverpool Vs Porto

Liverpool akan menghadapi Porto pada babak 8 besar Liga Champions. Foto: Twitter/LFC
Liverpool dan Porto akan memulai pertarungan mereka pada babak 8 besar Liga Champions 2018/2019. Pada leg pertama, The Reds akan terlebih dulu menjamu Porto di Anfield, Rabu (09/04/2019) dinihari WIB.
Untuk Liverpool, mereka lolos dari fase grup Liga Champions secara dramatis. Anak asuh Juergen Klopp itu berhak melaju ke fase knock out dengan hanya keunggulan produktivitas gol. Setelah itu, The Reds menjadikan Bayern Muenchen sebagai korban di babak 16 besar.
Bermain imbang 0-0 pada leg pertama di Anfield, Liverpool menghajar Muenchen 3-1 pada leg kedua di Allianz Arena. Kini, giliran Porto yang akan memberikan rintangan bagi tim pengoleksi lima gelar Liga Champions tersebut.
Perjuangan Porto untuk sampai di fase ini juga tak bisa diremehkan. Tim didikan Sergio Conceicao itu tampil sebagai juara Grup D yang dihuni relatih tim-tim yang mudah, yakni Schalke 04, Galatasaray, dan Lokomotiv Moscow.
Ini juga jadi pertemuan kedua tim dalam dua musim beruntun di Liga Champions. Pada musim 2017/2018, Liverpool dan Porto dipertemukan di babak 16 besar. Hasil pertemuan itu adalah Liverpool menang 5-0 di markas Porto dan bermain 0-0 saat gantian tampil di Anfield.
Untuk pertemuan kali ini, ada baiknya menyimak deretan fakta yang dilansir dari berbagai sumber, seperti di bawah ini:
1. Liverpool tak pernah kalah dalam pertandingan melawan Porto di kompetisi Eropa (3 menang, 3 imbang).
2. Porto tak pernah menghadapi lawan di Liga Champions lebih sering daripada Liverpool di mana mereka tanpa kemenangan. Selain itu, mereka juga gagal menang dalam empat kali duel melawan Zenit St Petersburg dan Juventus.
3. Jika tampil, Mane akan membuat penampilan ke-20 di Liga Champions setelah mencetak 13 gol dalam 19 pertandingan. Hanya lima pemain yang bisa mencetak lebih dari 13 gol dari 20 pertandingan pertamanya di Liga Champions, yakni Alessandro Del Piero (14), Ruud van Nistelrooy (16), Andriy Shevchenko (14), Jari Litmanen (14), dan Roberto Soldado (16).
4. Striker Porto Moussa Marega bisa jadi pemain keempat dalam sejarah Liga Champions yang mencetak gol dalam tujuh laga beruntun setelah Edinson Cavani, Van Nistelrooy, dan Cristiano Ronaldo.
5. James Milner telah mencetak 10 assist di Liga Champions sejak awal musim lalu, lebih banyak dari pemain lain. Sejak 2003/2004, hanya ada tiga pemain Inggris yang mencetak mencetak dua digit assist untuk satu tim di Liga Champions: Frank Lampard (Chelsea), Wayne Rooney (Manchester United), dan Steven Gerrard (Liverpool).
6. Semua 12 gol Liverpool di Liga Champions musim ini didapat dari dalam kotak penalti. Mereka jadi satu-satunya tim yang tersisa yang belum mencetak gol dari luar kotak penalti. Sembilan gol Porto juga didapat dari dalam kotak penalti.
7. Porto gagal memenangkan satu dari 12 laga tandang terakhir di Liga Champions (4 imbang, 8 kalah) sejak kemenangan 1-0 di Deportivo La Coruna pada 2004.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan