kumparan
18 November 2018 10:18

Dikalahkan Thailand, Harapan Timnas Indonesia Lolos dari Fase Grup Masih Ada

Foto bersama Timnas Indonesia jelang latihan. (Foto:Helmi Afandi Abdullah/kumparan)
Timnas Indonesia harus kembali menelan kekalahan usai takluk atas Thailand pada laga lanjutan grup B Piala AFF 2018 di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/11/2018).
ADVERTISEMENT
Meski sempat membuka keunggulan di babak pertama, namun Timnas Indonesia masih harus mengakui keunggulan Thailand setelah dibungkam dengan skor akhir 4-2.
Dua gol yang berhasil dicetak untuk Indonesia hadir via Zulfiandi di menit ke-29, dan Fachrudin Aryanto pada menit ke-89. Sementara, Timnas Thailand sukses mengoleksi empat gol lewat Korakod Wiriyaudomsiri di menit ke-38, Pansa Hemviboon di masa injury time babak pertama, Adisak Kraisorn pada menit ke-65, dan Pokklaw Anan di menit ke-74.
Menanggapi kekalahan skuat Garuda, Bima Sakti, pelatih kepala Timnas Indonesia, menjabarkan faktor-faktor penyebab kekalahan tim asuhannya atas Thailand pada laga kali ini.
“Kami bermain bagus pada awal pertandingan. Pada babak kedua, kami melakukan beberapa kesalahan yang membuat kami harus kalah. Kami memiliki konsentrasi yang bagus pada babak pertama karena mencetak gol indah. Akan tetapi, setelah itu kami kebobolan dan gol kedua Thailand membuat kami down. Kami sempat bangkit ketika mencetak gol kedua, namun sudah terlambat. Thailand bermain bagus dan sulit untuk membongkar lini pertahanan mereka,” ujar Bima Sakti dilansir laman resmi PSSI.
ADVERTISEMENT
Terkait Awan Setho yang bertugas menjadi starter di posisi kiper Timnas Indonesia, Bima Sakti menyatakan bahwa hal tersebut adalah keputusannya. Berhasil menampilkan perkembangan yang apik saat sesi latihan, tampaknya hal itu yang membuat Bima menurunkan Awan Setho sejak menit awal pertandingan.
“Kita melihat Andritany sudah main dua kali full saat lawan Singapura dan Timor Leste. Kami lihat perkembangan Awan Setho sangat baik selama latihan,” lanjutnya.
Lebih lanjut, gelandang Timnas Indonesia, Riko Simanjuntak menyampaikan permohonan maafnya lantaran belum mampu mempersembahkan kemenangan bagi Indonesia. Ia berharap, skuat Garuda masih memiliki peluang untuk lolos dari fase grup.
“Thailand hari ini bermain lebih baik dari kami. Babak kedua konsentrasi kami menurun dibanding babak pertama. Selanjutnya di laga terakhir grup B melawan Filipina kami harus menang. Semoga harapan lolos masih ada,” ungkap Riko Simanjuntak.
ADVERTISEMENT
Timnas Indonesia masih memiliki peluang untuk melaju ke babak selanjutnya, dengan catatan wajib memetik kemenangan atas Filipina pada matchday terakhir grup B, Minggu (25/11/2018). Akan tetapi, sebelumnya Filipina harus berhadapan dengan Thailand lebih dulu di laga mendatang.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan