Tekno & Sains
·
24 Februari 2021 12:38

Bisakah Kamu Temukan Tangan Keempat di Foto Ini?

Konten ini diproduksi oleh Berita Unik
Bisakah Kamu Temukan Tangan Keempat di Foto Ini? (59295)
Gambar ilusi optik yang viral di Twitter. Foto: Jen Gentleman (@JenMsft) via Twitter
Ilusi optik atau yang dikenal juga sebagai ilusi visual adalah penipuan visual yang membuat mata terkecoh saat melihat suatu gambar atau foto. Ilusi ini biasanya melibatkan pengaturan gambar, bentuk, efek warna, dan berbagai efek visual lainnya.
ADVERTISEMENT
Baru-baru ini foto sekelompok orang menggenggam botol minuman keras juga menjadi viral di media sosial Twitter karena ilusi optik. Foto tersebut memperlihatkan empat botol minuman keras bermerek Larceny Bourbon, namun sekilas hanya memperlihatkan tiga tangan yang menyatu. Misterinya: dengan empat botol minuman dan tiga tangan, di mana tangan orang keempat?
Tangan orang keempat yang memegang botol memang sulit ditangkap langsung oleh mata. Dibutuhkan waktu untuk memprosesnya hingga otak dapat memastikan bahwa ada tangan keempat di foto yang telah mendapatkan lebih dari 223 ribu like di Twitter ini.
Setelah diperhatikan lebih dalam, posisi tangan keempat secara tidak sengaja tersamarkan dalam foto dan menjadi ilusi optik yang menarik. Terlebih lagi, motif warna dan garis di jaket tangan keempat ini mirip sekali dengan kontur tanah dan semak-semak kering. Hebatnya, posisi sarung tangan yang digunakan sejajar sempurna dengan rok pria tengah, warna keduanya juga senada.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, salah satu konsep ilusi yang paling terkenal lainnya adalah karya Ludimar Hermann yang dikenal sebagai Hermann Grid pada tahun 1870. Ilusi ini memiliki ciri-ciri titik bewarna abu-abu atau hitam yang muncul disetiap persimpangan kotak bewarna hitam. Namun, saat seseorang memfokuskan untuk melihat titik tersebut, titik bewarna abu-abu atau hitam akan hilang seakan berpindah ke persimpangan lain.
Bisakah Kamu Temukan Tangan Keempat di Foto Ini? (59296)
Iusi optik Hermann Grid Foto Wikimedia Commons
Meskipun ilusi optik bisa menyenangkan dan menarik, ilusi ini juga mengungkapkan banyak hal tentang kerja otak. Pelajari lebih lanjut tentang beberapa ilusi optik paling terkenal dan temukan dengan tepat bagaimana dan mengapa ilusi visual ini terjadi.
Ilusi optik tidak hanya bekerja pada manusia, melainkan juga pada hewan. Menurut peneliti Institute of Neuroscience, Chinese Academy of Sciences, Ian Max Andolina, menyatakan bahwa pengalaman melihat ilusi optik juga dialami oleh monyet.
ADVERTISEMENT
Menurut Andolina, sebagai primata, manusia dan monyet dipenuhi dengan gambaran bias dari kinerja otak yang tidak disadari, dan ilusi visual adalah contoh yang sangat pas untuk hal ini.
Tak hanya monyet, dilansir The Dodo, sebuah video seekor kucing juga tampak terlihat merespon gambar yang didesain memiliki ilusi optik.
Video
Bahkan kucing tersebut sampai mencari tahu apa yang ada di balik kertas dan menyobek kertas tersebut.
(MRT)