Tekno & Sains
·
31 Maret 2021 16:00

Kisah 8 Seniman Berhasil Tinggal di Mal Selama 4 Tahun Tanpa Izin

Konten ini diproduksi oleh Berita Unik
Kisah 8 Seniman Berhasil Tinggal di Mal Selama 4 Tahun Tanpa Izin (75528)
Ilustrasi mal. Foto: Shane Gorski via Flickr
Sekelompok seniman berhasil tinggal di sebuah mal bernama Providence Place di Rhode Island, Amerika Serikat (AS). Aksi tanpa izin tersebut dilakukan oleh Michael Townsend dan tujuh seniman lainnya yang dimulai sejak 2003 lalu.
ADVERTISEMENT
Mereka berhasil menyelundupkan dua ton bahan bangunan dan membuat sebuah apartemen studio seluas 69 meter persegi yang tidak terlihat dari luar. Bangunan tersebut dibangun di antara ruang penyimpanan yang berdebu dan ruangan parkir.
Tak main-main, di dalam apartemen tersebut terdapat fasilitas seperti lampu listrik, sofa, meja kopi, karpet permadani, televisi, dan PlayStation. Di sana, para seniman beraktivitas layaknya di apartemen biasa, seperti makan, minum, tidur, membaca, mengadakan rapat, menonton televisi, dan bermain game. Untuk kamar mandi, mereka menggunakan fasilitas kamar mandi mal.
Para seniman itu berhasil tinggal di sana tanpa ketahuan selama empat tahun. Meskipun mereka tidak terus-terusan tidur di sana, mereka pernah tinggal selama tiga minggu penuh.
Kisah 8 Seniman Berhasil Tinggal di Mal Selama 4 Tahun Tanpa Izin (75529)
Ilustrasi mal. Foto: Jarmoluk via Pixabay
Namun, aksi kelompok seniman tersebut harus terhenti saat Townsend bertemu tiga penjaga keamanan yang menunggu di apartemen tersebut. Saat itu, Townsend ditangkap saat dirinya ingin memasang lantai kayu dan mengganti beberapa peralatan makan.
ADVERTISEMENT
Melansir Providence Journal, Townsend mengatakan tujuan ruangan tersebut adalah menjadi apartemen yang berfungsi penuh di tahun 2008. Hanya Townsend dan mantan istrinya Adriana Young yang mengidentifikasi diri mereka sebagai penghuni mal.
Townsend mengaku bahwa studio tersebut adalah proyek seni untuk mengetahui bagaimana rasanya hidup di dalam sebuah mal. Tetap saja, Townsend dihukum selama enam bulan karena memasuki properti tanpa izin. Selain itu, Townsend juga dilarang masuk Providence Place seumur hidup.
"Saya benar-benar berharap bisa kembali," kata Townsend dikutip dari Providence Journal.