Tekno & Sains
·
20 April 2021 18:45

Rumus Kubus: Rumus Volume dan Luas Permukaan

Konten ini diproduksi oleh Berita Unik
Rumus Kubus: Rumus Volume dan Luas Permukaan (112916)
Ilustrasi ujian rumus kubus (Foto: Shutterstock).
Rumus kubus merupakan salah satu materi matematika yang sering muncul saat ujian sekolah.
ADVERTISEMENT
Pemahaman mengenai geometri atau bangun ruang menjadikan rumus rumus ini menjadi salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa.
Materi geometri dan rumus kubus lengkap di dalamnya, selalu muncul di setiap jenjang pendidikan. Mulai dari SD, SMP hingga SMA selalu memasukkan materi ini ke dalam pelajaran.

Perbedaan Rumus Kubus Satuan dan Rumus Balok

Sebelum mengetahui rumus kubus, hal mendasar yang perlu diketahui adalah bentuk dari bangun ruang tersebut.
Kubus adalah bangun ruang keenam atau seluruh sisinya adalah persegi panjang dengan panjang sisi yang sama.
Hal ini berbeda dengan balok. Pada bangun ruang balok, keenam sisinya tidak memiliki luas persegi panjang yang sama. Perbedaan ini terjadi karena panjang, lebar, dan tinggi dari balok tidak sama.
ADVERTISEMENT
Perbedaan itu membuat rumus kedua bangun ruangnya berbeda. Rumus luas kubus jauh lebih mudah dibanding rumus balok.

Rumus Kubus Luas Permukaan

Luas permukaan pada bangun ruang ini dapat dicari dengan rumus yang mudah. Seperti dikutip dari buku Matematika untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester 2 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, luas permukaan kubus didapatkan dengan rumus “6×panjang×panjang”.
Perkalian “panjang×panjang” dilakukan untuk mencari luas dari satu sisi kubus. Luas ini dikali 6, karena kubus memiliki enam sisi.
Melalui perhitungan rumus kubus “6×panjang×panjang”, maka luas permukaan kubus bisa ditemukan.

Rumus Kubus Volume

Mencari volume kubus tidak kalah mudahnya. Seperti dikutip dari buku Matematika Untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester 2 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2017, volume kubus dapat ditemukan dengan rumusan “panjang×panjang×panjang”.
ADVERTISEMENT
Rumus kubus mencari volume bisa dilakukan dengan cara lain. Cara di atas dapat dilakukan dengan menghitung pangkat tiga dari panjang sisi kubus.
Pangkat tiga dari panjang sisi kubus ini adalah bentuk lain dari “panjang×lebar×tinggi”. Rumus kubus mencari volume dapat dilakukan dengan pangkat tiga, karena panjang, lebar, dan tinggi dari kubus adalah sama panjang.
Demikian rumus kubus untuk mengetahui volume dan luas permukaan. Perlu diingat rumus untuk mengetahui volume dan luas permukaan sangat berbeda.
(RKW)