Bisnis
·
11 Juni 2021 18:16
·
waktu baca 2 menit

3 Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan Secara Online

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
3 Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan Secara Online (197636)
Logo BPJS Kesehatan. Sumber: flickr.com
Saat ini hampir semua masyarakat Indonesia menggunakan asuransi kesehatan dari BPJS Kesehatan. Menurut buku Asuransi Kesehatan dan BPJS Kesehatan karya Zahry Vandawaty (2019:37), asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh pemerintah ini sifatnya adalah wajib karena merupakan produk jaminan perlindungan kesehatan dari pemerintah.
ADVERTISEMENT
Cara cek iuran BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan secara online sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk datang ke kantor BPJS Kesehatan. Cukup dengan smartphone dan koneksi internet yang lancar, Anda sudah bisa mengecek jumlah iuran yang harus dibayar.

3 Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan Secara Online

3 Cara Cek Iuran BPJS Kesehatan Secara Online (197637)
Pelayanan kesehatan. Sumber: unsplash.com
Berikut adalah cara cek iuran BPJS Kesehatan secara online yang bisa Anda coba.
1. Melalui Website
Anda bisa melakukan pengecekan iuran BPJS melalui website resmi, yaitu https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/. Lalu Anda harus mengisi data yang dibutuhkan, seperti nomor kartu BPJS Kesehatan, tanggal lahir, dan angka validasi. Kemudian klik Cek dan informasi yang Anda butuhkan akan muncul. Mulai dari nama peserta, nomor peserta, tagihan, denda, serta total tagihan.
ADVERTISEMENT
2. Melalui SMS
Anda cukup ketik NIK (spasi) Nomor Kependudukan (spasi) Nomor Kartu BPJS Kesehatan dan kirim ke nomor layanan BPJS Kesehatan, yaitu 08777-5500-400. Cara ini sangat cocok bagi Anda yang tidak memiliki kuota internet untuk mengecek melalui website.
3. Melalui Aplikasi
Anda juga bisa melakukan pengecekan tagihan iuran BPJS Kesehatan melalui aplikasi JKN Mobile. Jika aplikasi sudah terinstall, maka silakan login dengan memasukkan data yang dibutuhkan, yakni nomor kartu BPJS Kesehatan dan alamat email. Tunggu sebentar dan klik menu tagihan. Lalu klik premi untuk melihat tagihan iuran yang harus dibayarkan.
Itulah ketiga cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek tagihan iuran BPJS Kesehatan yang bisa dicoba. Dari ketiga cara tersebut, manakah yang menurut Anda paling mudah dan cepat?
ADVERTISEMENT
Jika Anda memilih menggunakan cara pertama dan ketiga, pastikan sudah memiliki koneksi internet, ya. Sedangkan jika Anda memilih layanan SMS, pastikan juga sisa pulsa Anda cukup. Selamat mencoba. (Anne)