Tekno & Sains
·
10 Januari 2021 15:11

3 Tantangan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Depan

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
3 Tantangan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Depan (143867)
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Foto: Dok.galeri.id
Seperti yang kita ketahui perkembangan teknologi dan komunikasi akan terus berevolusi. Perkembangan teknologi tersebut sejalan dengan sifat manusia yang tidak akan pernah berhenti bereksplorasi. Hal inilah yang akan membuat banyak perubahan dalam hidup bermasyarakat mulai dari budaya, kebiasaan, hingga teknologinya.
ADVERTISEMENT
Bicara soal teknologi masa depan, tentu saja tidak akan telepas dari sektor digitaliasi dan inovasi. Tentu aka nada kemajuan informasi dan dunia keilmuan yang mendorong manusia untuk terus bekembang ke arah yang semakin baik di masa depan.
Namun dalam sebuah perkembangan teknologi informasi dan inovasi di masa depan, tentu ada tantangan yang harus dihadapi. Berikut beberapa hal yang mungkin terjadi dalam perkembangan teknologi dan komunikasi di masa depan yang memaksa manusia untuk beradaptasi.

Munculnya Pekerjaan Baru

Saat ini, kita sudah memasuki revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan kemajuan teknologi dan era digitalisisa. Digitalisasi ini tentu saja sangat mungkin terjadi di berbagai sektor, sehingga memungkinkan pekerjaan manusia tergantikan.
Kecanggihan-kecanggihan teknologi buatan manusia, kemungkinan akan menutup pekerjaan manusia dan memunculkan pekerjaan baru. Misalnya, jika dulu membutuhkan banyak petugas untuk menjaga loket pembayaran pajak, sekarang bisa dilakukan secara online.
ADVERTISEMENT
Artinya, perekrutan orang untuk menjaga loket akan dikurangi dan muncul perekrutan baru yang berhubungan dengan teknologi yang memungkinkan munculnya pekerjaan baru.

Belajar Keterampilan Baru

Munculnya pekerjaan baru, tentu saja sejalan dengan adanya keterampilan baru juga yang dibutuhkan. Pekerjaan baru tersebut menuntut para pekerja harus memiliki keterampilan yang mendukung.
Tentu saja manusia tidak boleh kalah dengan teknologi dan digitalisasi, maka manusia ditutntut untuk belajar teknologi tersebut dan mengoperasikannya.
Jadi, semakin tinggi tingkat adaptasi dan kemampuan analisa manusia, maka kemajuan teknologi di masa depan tidak akan pernah bisa menggantikan posisi manusia karena memiliki keterampilan untuk menguasasi teknologi tersebut.

Bekerja dengan Robot

Teknologi di masa depan memungkinkan manusia bekerja atau hidup berdampingan dengan robot yang diciptakannya. Hal ini membuat manusia harus bekerja sama dengan robot dalam berbagai bidang.
ADVERTISEMENT
Kemunculan robot tentu bisa menimbulkan dampak positif dan negatif, maka tantangannya manusia harus menganggap robot sebagai pihak yang memudahkan pekerjaan manusia, bukan untuk dimusuhi.
Nah, itulah tantangan dari perkembangan teknologi dan komunikasi di masa depan. Bagaimana menurutmu?
(RDY)