Food & Travel
·
14 September 2021 14:49
·
waktu baca 3 menit

5 Kegiatan untuk Melestarikan Pakaian Adat di Indonesia

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
5 Kegiatan untuk Melestarikan Pakaian Adat di Indonesia (64943)
searchPerbesar
Pixabay.com - Kegiatan untuk melestarikan pakaian adat di Indonesia
Pada buku Tema 7 Kelas 4 SD/MI Pembelajaran 4 Subtema 2: Indahnya Keragaman Budaya Negeriku, terdapat sebuah pertanyaan yang berkaitan dengan kegiatan untuk melestarikan pakaian adat di Indonesia. Apa yang bisa kita lakukan?
ADVERTISEMENT
Dengan gempuran budaya luar yang masuk ke negeri kita, upaya dan kegiatan untuk melestarikan pakaian adat di Indonesia dirasa perlu untuk terus dilakukan agar hal ini tidak hilang dari kebudayaan kita. Karena bagi bangsa Indonesia, pakaian adat merupakan salah satu kekayaan budaya.
Pakaian adat adalah kostum yang mengekspresikan identitas, yang biasanya dikaitkan dengan wilayah geografis atau periode waktu dalam sejarah. Pakaian adat juga dapat digunakan untuk menunjukkan status sosial, perkawinan, atau agama. Di beberapa daerah, pakaian adat dikelompokkan sesuai dengan kedudukan atau status pemakainya dalam masyarakat. Contohnya pakaian raja, kepala suku, atau bangsawan berbeda dengan pakaian adat rakyat biasa.
5 Kegiatan untuk Melestarikan Pakaian Adat di Indonesia (64944)
searchPerbesar
pixabay,com
Perbedaan kondisi geografis di beberapa wilayah Indonesia termasuk salah satu faktor yang mendorong berkembangnya pakaian adat dan menjadi ciri khas dari setiap daerah tersebut, contohnya pakaian adat dari Sumatera akan berbeda dengan pakaian adat khas Sulawesi.
ADVERTISEMENT
Menurut buku Ensiklopedia Pakaian Adat Indonesia, Monica Herlina, 2013, penduduk daerah biasanya mengenakan pakaian adat dalam peringatan peristiwa atau acara tertentu. Misalnya dikenakan saat acara pernikahan atau tradisi adat daerah setempat.

5 Kegiatan untuk Melestarikan Pakaian Adat di Indonesia

Sebenarnya, ada banyak sekali kegiatan untuk melestarikan pakaian adat di Indonesia yang bisa kita lakukan. Tapi, baiklah kali ini kita akan memberikan 5 contoh kegiatan saja yang dinilai bisa lebih efektif.
1. Mencintai pakaian adat.
Hal pertama yang memang harus dilakukan adalah cinta dulu pada pakaian adat. Karena bila kita cinta maka kita akan melakukan segala cara untuk melindunginya.
2. Tidak merasa malu menggunakan pakaian adat.
Bila sudah conta dengan pakaian adat, maka kemudian kita tidak akan malu saat menggunakannya. Saat kita memakai pakaian adat dengan rasa bangga, nilai seninya akan semakin terpancar.
ADVERTISEMENT
3. Memperkenalkan pakaian adat kepada khalayak umum.
Khalayak umum di sini maksudnya adalah pihak luar negeri atau bahkan generasi muda. Buatlah mereka menjadi suka dan juga mencintai pakaian adat.
4. Mengadakan pelatihan pembuatan pakaian adat.
Pelatihan membatik atau menenun perlu diadakan sesering mungkin dan ditujukan bagi pihak-pihak yang ingin mengenal seni budaya Indonesia melalui baju adat. Selain itu, hal ini bisa membantu keberlangsungan produksi pakaian adat itu sendiri.
5. Mengadakan pameran atau event khusus pakaian-pakaian adat.
Pameran atau event khusus yang memperkenalkan pakaian adat juga sebisa mungkin sering dilakukan agar kebudayaan yang satu ini tidak hilang temakan lajunya teknologi dan budaya luar yang masuk ke negeri kita. (DNR)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white