News
·
4 Mei 2021 14:49

5 Manfaat Senam Ritmik Bagi Kebugaran Tubuh

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
5 Manfaat Senam Ritmik Bagi Kebugaran Tubuh (415020)
ilustrasi senam ritmik, sumber gambar: https://www.freepik.com/
Dikutip dari buku Dr. Olahraga Mengenalkan Teknik Senam Dasar oleh Haryanto (2012: 50), senam ritmik merupakan salah satu jenis senam dalam pelaksanaannya diiringi dengan musik atau irama. Namun di masa sekarang, nampaknya hampir semua jenis senam diiringi dengan musik dalam praktiknya, misalnya senam SKJ, senam aerobik ataupun senam yang lainnya.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, senam irama di masa kini lebih dikenal sebagai senam yang memakai alat-alat tertentu seperti pita, bola, tali dan lain-lain. Senam ini memang selalu dihubungkan dengan musik atau irama dan diiringi dengan aturan gerak yang dinamis. Beberapa pakar olahraga memasukkan senam irama ini ke dalam aktivitas ritmis untuk mengasah kepekaan irama dan koordinasi gerak tubuh.

Manfaat Senam Ritmik

Adapun sejumlah manfaat senam ritmik untuk kebugaran tubuh adalah sebagai berikut:
1. Menjaga Kesehatan
Senam ritmik merupakan senam terbaik yang dapat melatih kesehatan tulang. Dalam senam ini, ada banyak gerakan yang mengharuskan anda untuk menahan atau menopang tubuh. Secara tidak langsung, hal ini membantu kekuatan tulang untuk lebih sehat dan terhindar dari kerapuhan.
ADVERTISEMENT
2. Menguatkan Otot
Ketika melakukan senam irama, otot-otot pada tubuh Anda menjadi lebih kuat dan lentur karena aktivitas kebugaran ini memungkinkan tubuh Anda untuk melakukan gerakan yang lebih luas. Hal ini akan mencegah tubuh dari kemungkinnan cedera akibat melakukan aktivitas berat.
3. Memaksimalkan Fungsi Otak
Tahukah Anda bahwa senam irama dapat memaksimalkan fungsi otak? Hal ini karena gerakan yang diiringi dengan musik cenderung lebih efektif dalam menurunkan hormon kortisol dan epineprin.
Perlu diketahui bahwa kedua hormon tersebut adalah pemicu stres yang pastinya sangat tidak baik bagi kondisi kesehatan mental Anda. Selain dapat meminimalisir stres, senam ritmik juga dapat mencegah Anda mengalami alzheimer.
4. Membentuk Tubuh Ideal
Manfaat senam irama yang selanjutnya yaitu dapat membentuk tubuh menjadi lebih ideal. Ketika sering melakukan senam irama, maka otot-otot tubuh akan mengencang, terutama pada bagian perut, lengan, paha dan pinggul. Hal ini membuat bentuk fisik menjadi lebih ideal dan proporsional. Sehingga, olahraga yang satu ini sangat cocok bagi anda yang menginginkan tubuh yang bagus.
ADVERTISEMENT
5. Menyehatkan Jantung
Manfaat senam ritmik yang berikutnya adalah menyehatkan organ dalam tubuh, termasuk jantung. Hal ini dapat terjadi karena ketika melakukan senam ini, maka gerakan yang dihasilkan akan sangat cepat. Sehingga, gerakan yang cepat tersebut berdampak baik untuk memompa darah dan menyehatkan jantung.
Demikianlah ulasan terkait manfaat senam ritmik bagi kebugaran tubuh. Tunggu apalagi? Yuk, mulai rutinkan aktivitas ini dalam kehidupan sehari-hari. (DHA)