News
·
14 Oktober 2020 8:53

Amalan Rebo Wekasan, Dilakukan Hari Ini

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Amalan Rebo Wekasan, Dilakukan Hari Ini (85362)
Ibadah dan Amalan di Rebo Wekasan Foto: Pixabay
Pada hari Rabu, 14 Oktober 2020 atau 26 Safar 1442 Hijriah, sebagian besar masyarakat Jawa, Sunda, Madura dan lainnya meyakini hari ini sebagai hari Rabu terakhir di bulan Safar sebelum memasuki bulan Maulid atau Rabiul Awal. Di Rabu terakhir ini, ada amalan atau ibadah yang dilakukan yang dikenal dengan istilah Rebo Wekasan atau Rabu Pungkasan.
ADVERTISEMENT
Rebo Wekasan ini berawal dari kebiasaan memperingati hari Rabu terakhir di bulan Safar, sebagai hari pertama Rasulullah Muhammad SAW jatuh sakit, berturut-turut selama 12 hari, dan kemudian wafat. Hari pertama jatuh sakit inilah diyakini sebagai hari sial yang harus ditolak balanya.
Disebutkan juga di hari Rabu itu, ada 320.000 penyakit dan 20.000 bencana yang turun ke dunia. Untuk itu, sebagai penolak bala, umat harus memperbanyak amalan dan ibadahnya. Apa saja amalannya?

Amalan atau Ibadah yang Dilakukan di Rebo Wekasan

Di Rebo Wekasan atau Rabu Pungkasan, ada amalan yang biasa dilakukan sebagai penolak bala oleh sebagian masyarakat di daerah pesisir Jawa, Sunda, Madura dan sebagian kecil masyarakat di luar Pulau Jawa yaitu Riau dan Kalimantan.
ADVERTISEMENT
Amalan Rebo Wekasan itu adalah:
  • Shalat 4 rakaat dengan 2 salam. Dengan detail: Al Fatihah 1x, Al Kautsar 17x, Al Ikhlas 5x, Al Falaq 1x, An Nas 1x
  • Berdoa dengan doa-doa khusus penolak bala
  • Selamatan atau bersedekah
  • Silaturahim
  • Berbuat baik kepada sesama.
Mengenai amalan shalat 4 rakaat dengan 2 salam ini, ada keputusan dari ulama terutama dari Nadhatul Ulama, bahwa sholat khusus Rebo Wekasan atau Rebo Pungkasan ini adalah haram, karena tidak ada nama shalat Rebo Wekasan.
Tidak ada dasar hukumnya, kecuali shalat itu diniati sebagai shalat mutlaq yaitu sholat sunnah yang dilakukan karena Allah semata dan tak ada sebabnya. Atau bisa juga sebagai sholat sunnah hajat karena ada kebutuhan yang kita inginkan (penolak bala). Shalat memang menjadi perantara kita kepada Allah SWT.(IJS)
ADVERTISEMENT

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white